Sudah bisa dipastikan bahwa sebagai mahluk sosial, manusia tidak bisa hidup sendiri. Keberadaan orang lain baik keluarga, teman, saudara, kerabat selalu dibutuhkan. Meski setiap harinya kita disibukkan oleh rutinitas, kebersamaan dengan orang-orang disekitar tetap memegang peran penting. Oleh sebab itu makna kebersamaan sangatlah besar bagi kehidupan manusia.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk membangun atau menjaga kebersamaan. Contohnya makan bersama dalam keluarga, kerja bakti di lingkungan tempat tinggal, atau menggelar acara halal bihalal keluarga besar. Bahkan mengadakan rapat di kantor pun juga bisa dianggap sebagai wujud kebersamaan karena pada kesempatan itu dilakukan pembahasan bersama untuk menyelesaikan pekerjaan.

Membangun kebersamaan bisa juga dilakukan dengan mengikuti sejumlah permainan. Outbound salah satunya. Dalam kegiatan outbound terdapat banyak permainan yang dilakukan secara berkelompok. Ragam pemainan outbound tersebut memiliki banyak manfaat seperti membentuk karakter, membentuk jiwa kepemimpinan serta membangun soliditas dan kerjasama tim. Dalam jenis outbound lainnya, wahana permainan menantang, seperti: flying fox, arung jeram dan beberapa permainan ketinggian (highropes) dapat membawa dampak positif, misalnya bangun keberanian untuk pesertanya.

Kegiatan outbound sendiri saat ini sudah banyak dilakukan berbagai kelompok masyarakat, mulai dari kelompok terkecil yakni keluarga, komunitas, organisasi, sekolah, hingga ke perusahaan yang memiliki banyak karyawan. Dari banyak pengalaman Citra Alam dalam menggelar kegiatan outbound, seringkali outbound digelar dengan minimal 20 orang. Ini dilakukan untuk  mempermudah pembentukan kelompok selama permainan berlangsung –umumnya setiap permainan butuh 5-8 peserta disetiap tim-nya .

Adapun urutan permainan dalam kegiatan outbound yang biasa digelar di Citra Alam adalah sebagai berikut :

permainan ice breaking citra alam seaside

  1. 1. Ice Breaking (Pemecah Kebekuan)

Permainan ini berfungsi sebagai pemanasan bagi peserta agar siap mengikuti rangkaian permainan selanjutnya. Para peserta biasanya diminta untuk membentuk lingkaran dan beberapa instruktur outbound memandu jalannya permainan. Pada awal permainan, instruktur terlebih dulu menyapa peserta dan memperkenalkan diri. Selanjutnya dilakukan sejumlah games ringan yang bisa mengakrabkan instruktur dengan peserta maupun sesama peserta. Pada bagian akhir permainan ice breaking, dilakukan pembagian kelompok peserta untuk mengikuti permainan selanjutnya.

games cahaya kehidupan Lakeside

  1. 2. Rangkaian permainan fun games atau team building

Permainan fun games atau team building ini biasanya terdiri dari beberapa macam. Dalam satu rangkaian terdapat 3-6 permainan yang disesuaikan dengan jumlah peserta dan durasi waktu kegiatan outbound. Games ini dimainkan secara berkelompok dimana masing-masing kelompok terdiri dari 5-8 orang. Beberapa permainan tersebut seperti bulldozer, spider web, tarik tambang lumpur, tornado, pensil kebersamaan, dll. Seluruh permainan memiliki manfaat untuk membangun kebersamaan peserta, melatih kemampuan memimpin dalam kelompok, serta melatih kerjasama antar peserta. Baik ice breaking maupun fun games atau games team building berlangsung dalam suasana menyenangkan dan penuh canda tawa.

permainan elvis walker Riverside

  1. 3. Permainan Menantang

Setelah mengikuti rangkaian permainan fun games atau team building  peserta dapat melanjutkan ke permainan menantang seperti flying fox, arung jeram, elvis atau highropes. Beberapa permainan menantang tersebut merupakan jenis permainan perorangan, dimana setiap peserta harus dilengkapi dengan peralatan pengaman pada tubuhnya. Selain itu kondisi fisik dan mental mereka juga harus sehat. Keberanian dan rasa percaya diri sangat dalam permainan ini agar dapat berjalan baik dan lancar.  

Kegiatan outbound dianggap sebagai cara efektif untuk membangun kebersamaan karena didalamnya selalu ada permainan seru untuk dimainkan bersama. Melakukan permainan secara bersama-sama dengan teman, keluarga atau kerabat merupakan suatu yang menyenangkan karena pasti akan ada komunikasi, canda dan tawa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *