Setiap anak mempunyai kebebasan untuk mengekspresikan dirinya dengan menunjukkan keberaniannya seperti berani berbuat, berani berkata, dan berani pula bertanggung jawab atas semua tingkah lakunya. Tingkat keberanian seorang anak itu berbeda-beda ada anak yang memang sejak awal memiliki keberanian, tetapi banyak juga anak yang mudah cemas, penakut, pemalu sehingga  kurang rasa percaya diri. Orangtua merupakan pengasuh pertama yang mengajarkan anak untuk berani dan percaya diri sejak dini karena kedua kemampuan tersebut adalah kemampuan yang harus dimiliki oleh setiap anak.

Melatih keberanian pada anak, bisa dengan mini highrope atau sering di sebut jembatan tali. Jembatan berupa satu buah sling kawat baja. Sling baja ini sebagai pijakan yang membentang dari awal ke ujung lintasan di atas ketinggian setengah meter. Di bagian tengah setinggi dada peserta terdapat tali yang membentang sebagai pegangan bagi peserta. Tujuan dari permainan mini highrope adalah melatih keseimbangan berjalan di atas tali, melatih keberanian berada di atas ketinggian dan membangun rasa percaya diri pada anak.

Citra Alam Lakeside merupakan tempat wisata edukasi yang memiliki wahana games salah satunya mini highrope yang diperuntukan  untuk anak  TK sampai SD (kelas 1-3).

Berikut ini yang termasuk kategori permainan mini highrope :

  1. Jembatan Berlubang

mini highrope citra alam lakesidePermainan ini merupakan salah satu permainan mini highrope yang banyak diminati banyak kalangan terutama pada anak. Di permainan ini  peserta berjalan dilorong tali dengan berpegangan dengan tali yang disimpul rapi sehingga sangat aman bagi anak-anak sedangkan pijakannya terbuat dari papan kayu yang kokoh dan berwarna-warni sehingga terlihat sangat menarik. Di tambah dengan jarak yang aman untuk melangkah kaki. Permainan ini berfungsi untuk melatih keseimbangan tubuh dan melatih motorik otak anak.

2.  Jembatan Gantung

mini highrope citra alam lakeside

Permainan ini sangat aman dan nyaman bagi anak ketika bermain karena dilengkapi dengan sling baja di sisi kanan dan kiri sebagai pegangan anak-anak dan sebagai pijakannya terbuat dari tali yang di simpul dengan rapi sehingga sangat kuat ketika dipijak anak-anak.

3. Spider Web

Permainan spider web ini merupakan permainan kelompok (tim) dimana para peserta dihadapkan pada jaring laba-laba yang terbuat dari tali, dengan lubang bervariasi. Di dalam permainan ini seluruh pesertanya harus berpindah dari satu sisi ke sisi yang lain melalui jaring laba-laba dengan bantuan peserta lain.

4. Terowongan dan masuk sampai ke area playground

Permainan ini merupakan tahapan terakhir dari permainan mini highrope. playground ini terbuat dari bahan fiberglass yang di desain semenarik mungkin yang dilengkapi dengan pelorodan. Fungsi dari permainan ini adalah untuk melatih motorik anak.

Mini highrope merupakan permainan yang sangat baik untuk kegiatan Outbound juga sebagai tantangan secara individu. Permainan mini highrope memberikan pengalaman baru bagi semua peserta terutama bagi anak-anak pasti sangat menyenangkan. Permainan ini dilakukan dengan cara berjalan dengan tujuan permainan untuk melatih dan membangun rasa percaya diri pada anak dan melatih keberanian. Sebelum melakukan permainan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti keamanan dengan memakai peralatan secara lengkap, mengikuti intruksi dari instruktur,

citra alam lakesideMelatih keberanian anak dengan permainan mini highrope memang perlu dilakukan karena memiliki banyak manfaat yang didapat oleh anak seperti, dengan memiliki rasa percaya diri dan keberanian, anak akan mudah bergaul dengan masyarakat, anak akan tanggap dalam menyelesaikan masalah, serta akan memiliki kesempatan besar untuk menjadi seorang pemimpin. Permainan ini bukan semata-mata hanya kegiatan fisik namun mengasah kemampuan bagi anak.

Alam terbuka selain sebagai ajang rekreasi juga merupakan area berkegiatan dengan konsep edukasi sehingga bisa menjadi pilihan orangtua untuk melatih keberanian anak. Permainan yang menantang namun menyenangkan.

Penasaran? Datang langsung ke Citra Alam !!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *