Outbound training adalah bentuk pembelajaran perilaku kepemimpinan dan manajemen yang dilakukan di alam terbuka dengan pendekatan yang unik dan sederhana tetapi efektif, karena pelatihan ini tidak dengan teori-teori melainkan langsung diterapkan pada elemen-elemen yang mendasar dan bersifat sehari-hari, seperti saling percaya, saling memperhatikan, serta sikap proaktif dan komunikatif. Dimensi alam sebagai objek pendidikan bisa menjadi laboratorium sesungguhnya dan tempat bermain yang mengasyikkan dengan berbagai metodenya.

Dalam penyusunan materi outbound training perlu diperhatikan tentang aspek bagaimana materi yang akan disampaikan nantinya mampu menambah kecakapan dan kemampuan masing-masing individu dan kelompok. Sehingga sifat-sifat baik dari peserta akan lebih terasah dengan demikian mampu lebih peka terhadap lingkungan sekitarnya.

Dilihat dari sejarahnya, outbound training yang dilaksanakan di alam terbuka dapat membuat peserta melupakan kepenatan dan ketegangan dari aktivitas dan rutinitas kesehariannya, sehingga setelah melaksanakan outbound training peserta mendapat ilmu dan pengalaman yang baru. Pelatihan outbound training dapat meningkatkan rasa kebersamaan dalam lingkup kelompok maupun masyarakat serta juga mampu menggali potensi peserta agar dapat mengembangkan kemampuan pribadinya melalui tantangan-tantangan mental dan fisik saat kegiatan outbound, selalu lebih siap untuk menghadapi tantangan pekerjaan atau karir. Berikut materi-materi yang disampaikan dalam kegiatan outbound training.

1. Ice Breaking

Perjalanan jauh seringkali membuat para peserta kelelahan sebelum acara dimulai. Ice breaking dibutuhkan karena dapat dipastikan hampir seluruh peserta dalam keadaan lelah, suntuk dan malas. Oleh karena itu, perlu sebuah tahapan untuk memecahkan suasana yang kaku, sesi ini dilakukan dengan saling memperkenalkan diri, sapa antara tim instruktur kepada peserta untuk saling mengenal karakter para peserta.

2. Komunikasi

Komunikasi merupakan unsur terpenting dalam berbagai konteks di kehidupan, komunikasi sering dikaitkan dengan proses interaksi manusia. Selain itu, komunikasi juga menjadi pembentuk karakter seseorang. Pada saat kegiatan outbound training peserta dikondisikan dalam sesi games yang menarik dan tidak membosankan. Sehingga komunikasi antar anggota tim bisa terbentuk dan tercipta rasa saling percaya terhadap rekannya.

3. Team Building

Team building adalah suatu upaya yang dibuat secara sadar untuk mengembangkan kerja kelompok dalam suatu organisasi. Materi outbound ini mengkondisikan peserta dalam permainan tim. Sehingga akan tercipta saling mendukung dan kerjasama. Pentingnya komunikasi dan membangun suatu tim yang kompak adalah tujuan dari materi ini. Pada materi ini peserta diharap mengatur strategi dan mengoptimalkan segala kemampuan baik individu maupun kemampuan kelompok. Semua peserta mempunyai tugas masing-masing untuk  memecahkan tantangan yang telah disiapkan para trainer.

4.Penyelesaian Masalah

Peserta training outbound mampu mengenali masalah yang ada serta cara penyelesaiannya, peserta disuguhi materi tentang memilih informasi yang relevan dan membuat analisis serta keputusan untuk menemukan sebab timbulnya persoalan secara lebih terarah.

Demikian materi-materi dalam outbound training, diharapkan setelah melakukan kegiatan semua peserta bisa memberikan kontribusi yang lebih baik bagi perusahaan. 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *