Pantai menjadi salah satu destinasi liburan yang digemari khususnya oleh masyarakat perkotaan. Karena selain memiliki pemandangan yang menyegarkan, banyak hal menyenangkan bisa dilakukan seperti berenang, bermain pasir, dan memancing.

Namun belum banyak yang mengetahui bahwa berlibur di pantai memiliki banyak manfaat, termasuk untuk kesehatan bahkan juga bisa menjadi pengobatan. Menurut sejumlah ahli kesehatan berlibur ke pantai baik untuk kesehatan karena :

1. Air laut bersifat Antiseptik

Air laut kaya mineral garam seperti sodium dan iodine sehingga dapat berfungsi sebagai antiseptic. Meski demikian air laut juga bisa mengandung bakteri, terutama di tempat yang banyak terdapat aktivitas manusia. Sehingga apabila seseorang berenang dengan luka terbuka, akan lebih mudah terkena infeksi. Menurut ahli penyakit infeksi dan penyakit infeksi tropis, Profesor Bart Currie, air laut di dekat muara, batu karang, tambang, dan tambak adalah tempat yang biasanya banyak bakteri.

2. Dapat menyembuhkan penyakit kulit

Air laut mengandung komposisi mineral seperti sulfur, magnesium, kalsium, klorida, dan sodium. Oleh karena itu sejak dulu berenang di laut sangat dianjurkan bagi mereka yang memiliki masalah dengan kesehatan kulit seperti eksim dan psoriasis.

Produksi Garam

3. Menghilangkan stress

Sebuah penelitian dari Michigan State University menemukan keterkaitan antara topografi dengan tingkat stress seseorang. Seorang peneliti, Amber L. Pearson mengatakan, lingkungan dengan banyak pemandanga air seperti laut, bisa menekan stress karena warna birunya yang alami. “Peningkatan pemandangan ruang biru secara signifikan berkaitan dengan tingkat tekanan psikologis yang lebih rendah. Akan tetapi kami tidak menemukan hal yang sama pada area ruang hijau,” jelasnya.

4. Meredakan pilek

Meski belum ada bukti cukup kuat mengenai manfaat air laut untuk meredakan hidung tersumbat, namun faktanya cairan garam kerap dipakai untuk membersihkan hidung karena mirip dengan cairan yang diproduksi tubuh manusia. Sehingga ketika masuk hidung, cairan tidak mengiritasi sinus.

5. Meningkatkan kekebalan tubuh

Pada poin 3 dijelaskan bahwa menikmati pemandangan laut bisa mengurangi stress, sehingga dengan begitu imunitas tubuh akan menjadi lebih baik. Apalagi sebuah studi membuktikan bahwa jika seseorang berenang di air yang dingin, maka imunitas juga akan meningkat. Sebab air laut yang dingin dapat memicu reseptor di bawah kulit untuk melepas hormone seperti endorphin, adrenalin dan kortisol, yang pada tingkat tertentu dapat memberikan efek terapi.

Berlibur ke pantai memang sangat menyenangkan apalagi jika bersama keluarga, teman atau kerabat. Agar liburan bisa menjadi pengalaman tak terlupakan, ada beberapa tips berlibur ke pantai  :

  • Menghindari terpaan matahari langsung, khususnya pada jam 10.00 – 14.00. Karena pada waktu tersebut sinar matahari dapat meradiasi kulit, maka sebaiknya tidak berjemur dan bermain pasir di bawah terik matahari.
  • Memeriksa kondisi air terlebih dulu apakah gelombangnya sedang pasang atau surut, berombak atau tenang. Tanyakan juga kepada penjaga pantai, kemungkinan adanya binatang berbahaya di sekitar pantai, yang bisa menyebabkan iritasi pada kulit.
  • Jangan menyentuh cagar alam lokal baik tumbuhan maupun hewan agar kelestarian lingkungan di sekitar pantai tetap terjaga.
  • Membawa air mineral atau minuman isotonik secukupnya untuk menghindari dehidrasi selama berlibur di pantai, terlebih jika hendak berenang.

Melakukan hal apapun sebaiknya yang bisa mendatangkan manfaat agar tenaga dan waktu tidak terbuang sia-sia, tak terkecuali berlibur. Meski tujuannya untuk refreshing dan bersenang-senang, berlibur seyogyanya dapat memberi manfaat bagi kehidupan yang lebih baik.

 

Ref :
http://www.timesindonesia.co.id/read/139739/20170101/141749/ternyata-berlibur-di-pantai-menyehatkan/
https://www.futuready.com/artikel/family/anda-berencana-liburan-ke-pantai-baca-7-tips-liburan-ke-pantai-bersama-keluarga/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *