Event tahunan Lomba Pidato Meniru Gaya Bung Karno 2018 telah terselenggara dengan meriah tanpa mengurangi kekhidmatan nya. Berbeda dengan tahun lalu, lomba yang sudah memasuki 4 tahun penyelenggaraannya ini tidak lagi hanya mencakup wilayah Jabodetabek untuk keikutsertaan peserta melainkan sudah menjaring peserta dari sejumlah provinsi di Indonesia, seperti Jawa Timur, Nanggroe Aceh Darussalam, Sumatera Utara, Sulawesi Selatan dan Nusa Tenggara Barat. Para peserta dari tingkat nasional itulah yang semakin menyemarakkan  penyelenggaraan lomba tingkat nasional ini.

para peserta dari luar jawa tiba di bandara

Mengambil tema “Kembali Pada Ajaran Bung Karno, Kembali Pada Jati Diri Bangsa”. Lomba Pidato ini diselenggarakan oleh Rumah Kebangsaan Pancasila, untuk memperingati 3 hari besar nasional sekaligus yakni HUT Kemerdekaan RI ke-73, Hari Sumpah Pemuda dan Hari Pahlawan. Dalam lomba yang berlangsung semarak namun tetap khidmat, para peserta terlihat bersemangat mengikuti kompetisi yang penilaiannya cukup ketat oleh dewan juri. Dalam balutan setelan bernuansa putih-putih dan hitam putih, seluruh peserta menunjukkan kemampuannya berpidato dengan suara lantang penuh penjiwaan layaknya Proklamator Bung Karno.

peserta lomba pidato beraksi diatas panggung

Tahapan pelaksanaan lomba terdiri dari 2 babak yakni babak penyisihan dan babak grand final. Babak penyisihan diikuti oleh 61 peserta yang telah lolos audisi video pidato. Tema pidato yang dibacakan peserta adalah “Nation And Character Building pada babak penyisihan dan “Bung Karno Sebagai Pemimpin Besar Revolusi, Penyambung Lidah Rakyat” pada babak grand final.

Selanjutnya ke-61 peserta tersebut dinilai oleh tim juri dari unsur penjiwaan dan penghayatan, retorika atau gaya bahasa dan penampilan serta gestur (bahasa tubuh) untuk dipilih 20 finalis. Pada babak grand final, 20 finalis langsung ditunjuk untuk membacakan pidato yang telah dipersiapkan panitia.

para pemenang lomba pidato 2018

Setelah 20 finalis selesai membacakan pidato, dewan juri yang terdiri dari para pakar yang ahli di bidang seni peran dan public speaking, menentukan 5 pemenang lomba. Mereka adalah :

Reihan Rasyid dari Depok, Jawa Barat – Juara 1

Zulfa Mahbubbah, dari Jawa Timur – Juara 2

Muhammad Faisal, dari Depok, Jawa Barat – Juara 3

Andika Prasetya, Tangerang Selatan, Banten – Juara Harapan 1

Richard Fransiscus Elfin Hulu, Nias, Sumatera Utara – Juara Harapan 2

Kelima pemenang lomba mendapatkan hadiah berupa trophy dan uang senilai Rp. 5 juta sampai Rp. 20 juta, serta penghargaan sebagai Pemuda Hebat dari Kementerian Pemuda dan Olahraga. Baik peserta yang berhasil memenangkan lomba maupun peserta yang belum berhasil tampak bersuka cita dalam acara tersebut. Selain untuk berkompetisi, mereka juga menikmati keindahan alam di Citra Alam Riverside, sebagai lokasi penyelenggaraan lomba. Selain mengikuti setiap tahapan lomba, seluruh peserta juga memperoleh pembekalan materi public speaking, leadership, serta pemahaman kebangsaan melalui tour kebangsaan di wahana Rumah Kebangsaan Pancasila.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *