Permainan ketinggian atau highrope dapat melatih kekuatan fisik serta keberanian. Setiap orang yang mengikuti permainan ini harus memiliki kondisi fisik yang prima serta kesiapan mental yang matang. Sebab dibutuhkan kekuatan fisik untuk bisa menjaga keseimbangan dan menahan berat tubuh. Peserta juga harus siap melawan rasa takutnya ketika sudah berada di arena permainan. Namun highropes tidak serta merta hanya berfungsi untuk melatih fisik melainkan juga bisa bermanfaat dalam membangun karakter seseorang. Oleh karena itu highropes tergolong dalam permainan ekstrim dan menantang. Berikut ini yang termasuk permainan Highrope di Citra Alam.

1. Spider Web

Seperti namanya, bentuk permainan Spider Web berupa jalinan tali yang menyerupai jaring laba-laba. Pada permainan tersebut, peserta harus melewati setiap sisi jaring dengan merayap atau memanjat. Permainan ini bisa dimainkan oleh anak-anak maupun dewasa dengan tantangan dan ketinggian yang disesuaikan dengan usia.

2. Permainan Sky Ring

Dalam permainan ini, peserta harus melewati setiap titian berupa ban yang disusun berdekatan pada ketinggian dan jarak tertentu. Dengan posisi ban yang akan terus bergoyang saat kita mencoba menapak membuat permainan ini banyak menguras tenaga. Saat berpindah dari satu ban ke ban yang lain peserta berpegangan pada tali baja untuk menjaga keseimbangan tubuh. 

Permainan elvis

3. Permainan Balance Bland 

Permainan ini dilakukan dengan melangkah dari 1 lempeng baja ke lempeng baja lain yang tersusun panjang menyerupai sebuah jembatan. Peserta hanya berpegangan pada tali dan harus menyeimbangkan posisi tubuh ketika berada pada 1 lempeng baja untuk melangkah ke lempeng baja yang berada di depannya. Dalam permainan balance bland peserta seringkali terjatuh saat melangkah sehingga dibutuhkan perasaan tenang serta kesabaran agar bisa sampai di tempat yang sudah ditentukan.


4. Permainan Elvis Walker  

Pada permainan Elvis Walker, mental dan nyali peserta akan diuji. Bayangkan saja menyeberang sungai dengan cara berjalan diatas seutas tali. Meski dengan peralatan dan standar keamanan  memadai, permainan ini tentunya akan jadi tantangan nyali  yang bisa melatih keberanian seseorang.

5. Permainan Balance Beam

Bagi penyuka petualang atau yang memiliki hobi olahraga ekstrim mungkin sudah tidak lagi merasa takut ketika harus berjalan meniti bambu yang terbentang diantara 2 pohon. Namun bagi pemula yang penasaran dengan balance beam ini harus terlebih dulu memahami teknik permainan. Selama meniti bambu tersebut usahakan pandangan fokus ke depan dan hindari melihat ke bawah karena akan menyiutkan nyali anda. Rentangkan tangan untuk menjaga keseimbangan tubuh saat melangkah.

elvis walker - lakeside 1

Seperti yang sudah dijelaskan di awal tulisan ini, bahwa permainan highropes juga bermanfaat membentuk karakter seseorang yang sangat dibutuhkan dalam melakukan setiap pekerjaan ataupun bersosialisasi dengan masyarakat, seperti :

  • Membangun dan meningkatkan kepercayaan diri
  • Berani dan cepat mengambil keputusan
  • Teliti dan cekatan
  • Fokus dan konsentrasi
  • Mengubah pola pikir

Dari sejumlah manfaat yang bisa diperoleh tersebut, maka permainan highrope tak cuma sekedar permainan penguji keberanian. Para peserta yang berhasil melewati permainan di alam terbuka ini juga akan mendapatkan pengalaman menyenangkan dan berkesan.

 

0 thoughts on “Membangun Karakter Lewat Permainan Ketinggian Highropes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *