citra alam riverside

 

Sukses dan tidaknya kegiatan tergantung pada kemampuan fasilitator dalam memandu kegiatan. Dalam melakukan kegiatan setiap peserta membutuhkan pemandu atau fasilitator dalam kegiatannya karena tanpa adanya fasilitator acara tidak mungkin berjalan dengan maksimal. Fasilitator adalah seseorang yang akan memfasilitasi sebuah pelatihan, yang memiliki peran untuk membantu memudahkan peserta dalam memahami isi atau materi pelatihan. Berikut kriteria fasilitator profesional dalam memandu kegiatan:

1. Sabar dalam melayani peserta

citra alam lakesideMenjadi fasilitator tentunya mempunyai kesabaran ekstra apalagi dalam memandu kegiatan anak-anak yang sangat perlu bimbingan. Bisa kita lihat bahwa fasilitator berperan besar dalam berjalannya kegiatan memandu anak-anak seperti outbound atau pelatihan. Fasilitator dengan sabar dan sigap melayani apapun keperluan dari peserta. Wajah ceria dan senyum ikhlas selalu terpancar ketika memandu kegiatan.

2. Kerja sama yang baik

Dalam melakukan kegiatan Fasilitator dan peserta harus bekerja sama untuk mencapai tujuan diinginkan. Tanpa adanya kerja sama, mindset yang sama dan tujuan yang sama antara fasilitator dengan peserta maka kegiatan tidak akan berjalan dengan baik.

3. Tanggung jawab

citra alam seasideSebagai fasilitator tentunya bertanggung jawab terhadap rencana atau susunan acara yang sudah dibuat, apa yang dilakukan, dan bagaimana hal ini membawa pengaruh pada isi, partisipasi dan proses pada pembahasan itu. Fasilitator harus sensitif terhadap bagaimana dan seberapa besar para peserta bersedia dan mampu memikul tanggung jawab pada setiap kegiatan. Melalui pengalaman, para peserta dapat belajar memikul tanggung jawab yang semakin besar.

4. Senantiasa menciptakan suasana aman dan nyaman

Menjadi fasilitator yang profesional harus mampu memberikan suasana aman dan nyaman bagi pesertanya. Seorang fasilitator harus bisa memecah suasana hening menjadi pecah dan fun. Khususnya bagi peserta anak-anak yang cenderung mudah bosan, fasilitator profesional harus mampu mengembalikan mood anak-anak sehingga anak merasa senang dan fun. Setiap moment kegiatan selalu disisipi dengan canda tawa atau humor supaya anak tidak merasa jenuh.

5. Memberi kesempatan kepada peserta dalam berkreativitas

citra alamDalam memandu kegiatan seorang fasilitator memberi kesempatan pada semua peserta untuk berkreativitas secara bebas tanpa dibatasi. Fasilitator profesional hanya mengarahkan dan memberi pemahaman terutama terutama pada kegiatan pelatihan seni dan budaya. Fasilitator memberi penjelasan tahapan-tahapan yang harus dilakukan oleh peserta sedangkan peserta bisa menuangkan segala ide sesuai dengan minatnya.

6. Menguasai teknis dan keamanan peralatan

citra alam riversideKegiatan di alam terbuka ada kemungkinan untuk terkena cedera. Oleh karena itu, kemampuan teknis di bidang keselamatan permainan sangat penting dimiliki, keselamatan pelatihan berada di tangan fasilitator. Maka, diperlukan orang yang memang berpengalaman dan mumpuni di bidangnya. Fasilitator berusaha menjaga mutu dan kualitas pelatihan, sehingga tujuan dan sasaran yang diinginkan peserta bisa tercapai.

Tertarik menjadi seorang fasilitator? Setidaknya anda harus memiliki 6 kriteria di atas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *