citra alam lakeside

Bukan zamannya lagi melarang anak bermain di luar ruangan, apalagi di zaman sekarang tampaknya anak jarang sekali bermain di luar rumah. Anak-anak lebih suka menghabiskan waktu untuk bermain gadget, seperti yang kita ketahui bahwa gadget tidak selamanya baik bagi tumbuh kembang anak. Maka dari itu bawa anak keluar rumah untuk mengeksplore alam sekitar. Tidak bisa kita pungkiri bahwa melihat anak tertawa riang, berlarian bermain bersama teman membuat orangtua merasa bahagia karena anak bisa beraktivitas secara aktif dengan permainan yang mereka sukai sesuai dengan usianya.

Kenapa orangtua harus membiarkan anak bermain di luar ruangan?

citra alam riversideMulai sekarang ubah pemikiran negatif melarang anak bermain di luar ruangan, hal ini dirasa bahwa dengan bermain di luar ruangan apalagi bermain kotor membuat anak terserang berbagai macam penyakit atau anak bisa tertular penyakit jika bermain di luar rumah. Padahal, sebenarnya dengan memberi kebebasan pada anak bermain di luar membuat anak lebih kebal terhadap penyakit. Banyak manfaat yang bisa anak dapatkan ketika bermain di luar ruangan.

Menambah kemampuan motorik anak

Bermain di luar ruangan, akan menambah kemampuan motorik anak karena anak menggunakan kemampuan motorik kasar yang digunakan saat beraktivitas seperti berlari-lari, memanjat, melompat, dan aktivitas lainnya. Hal ini, ternyata dapat meningkatkan merangsang kemampuan  otak anak. Di luar rumah, anak dapat secara bebas menstimulasi keterampilan motorik.

Meningkatkan kemampuan bersosialisasi

citra alam riversideManfaat lain membiarkan anak bermain di luar ruangan yaitu mampu meningkatkan kemampuan bersosialisasi. Saat bermain diluar ruangan secara langsung anak akan beradaptasi dengan teman bermainnya seperti bertukar mainan atau berbagi makanan akan membuat anak belajar bersosialisasi dengan temannya.

Merangsang kreativitas dan imajinasi anak

suasana team building citra alam seasideAlam bisa merangsang kreativitas dan imajinasi anak melalui kegiatan-kegiatan yang dilakukan ketika di alam terbuka. Anak akan berinteraksi dengan alam sekitar menggunakan panca indera (menghirup, meraba, melihat, mendengar, dan merasa). Hal ini, akan membuat anak mampu berpikir lebih luas sehingga dapat menciptakan kreativitas dan imajinasi anak.

Demikianlah alasan kenapa orangtua sebaiknya memberi kebebasan pada anak untuk bermain di luar ruangan atau outdoor.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *