citra alam lakeside

citra alam lakeside

Setiap anak yang lahir ke dunia memiliki kelebihan dan keterbatasan sendiri-sendiri. Sekalipun anak tersebut merupakan anak berkebutuhan khusus (ABK), mereka berhak mendapat kesempatan untuk berkarya dan mengkespresikan diri dengan mengembangkan bakat dan kemampuannya dalam berkarier.

Secara realita, memang beberapa anak berkebutuhan khusus (ABK) belum mendapat kesempatan yang layak dalam berbagai  bidang, misal bidang pendidikan tinggi yang masih sulit mereka dapatkan, begitu juga dengan pekerjaan mereka susah sekali mendapatkan peluang. Oleh karena itu, mereka memerlukan kecakapan hidup yang dapat memenuhi kebutuhan mereka di masa depan.

Orangtua menjadi orang pertama yang memiliki peranan penting dalam menstimulasi anak sejak dini, mengingat anak berkebutuhan khusus (ABK) memiliki perlambatan pertumbuhan sehingga memerlukan penanganan ekstra. Di tambah lagi bahwa kehadiran anak berkebutuhan khusus (ABK) di masyarakat mendapat beragam reaksi dan penolakan. Maka dari itu, anak berkebutuhan khusus (ABK) membutuhkan pelayanan, pendidikan, dan pelatihan sebagai pengembangan diri.

Tidak semua yang mempunyai kelemahan itu tidak bisa mengubah kehidupannya menjadi lebih baik. Banyak kita jumpai, justru anak berkebutuhan khusus (ABK)  memiliki segudang prestasi jika dibanding dengan anak normal lainnya. Semangat tinggi serta kerja keras membuat anak berkebutuhan khusus (ABK) mampu menjadi orang sukses dengan karya-karya yang membanggakan. Banyak sekali kelebihan yang mereka miliki dengan memaksimalkan potensi dalam dirinya, keterbatasan fisik ternyata mampu mengantarkan dirinya untuk mengembangkan potensi yang lain. Mengembangkan dirinya dengan bermain musik, menjadi pengrajin yang handal, seniman atau menjadi pengusaha sukses.

Berikut nama-nama tokoh berkebutuhan khusus yang berhasil meraih kesuksesan:

1. Daniel Tammet adalah penulis buku terlaris New York Times berjudul “Born On A Blue Day“. Buku tersebut menceritakan kehidupannya sebagai penyandang autistic savant.

2. Matt Savage merupakan seorang pianis jazz profesional dengan trionya sendiri.

3. Satoshi Tajiri dikenal sebagai desainer video game Jepang yang menciptakan Pokemon.

4. John Elder Robinson penulis buku terlaris New York Times yang berjudul “Look Me in the Eye” diterbitkan pada tahun 2007 oleh Random House. Buku ini mengisahkan kehidupan John Elder Robinson yang tumbuh sebagai penyandang autisme.

5. Adam Young merupakan musisi, penulis lagu dan penyanyi asal Minnesota yang didiagnosa menderita sindrom Asperger.

Betapa luar biasanya kepribadian mereka meskipun memiliki keterbatasan namun mereka mampu membuktikan dirinya dimata dunia.

citra alam lakeside

Di Citra Alam juga mengadakan beragam pelatihan seni dan budaya bagi anak berkebutuhan khusus (ABK) seperti pelatihan membuat keramik, pelatihan melukis kaos, dan pelatihan lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *