Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Slogan yang sudah tidak asing lagi itu memiliki arti apabila seseorang memiliki tubuh yang sehat, maka seharusnya juga memiliki jiwa kuat. Sedangkan jiwa yang kuat itu sudah pasti datang dari jiwa yang sehat.

Untuk mewujudkan jiwa-jiwa yang sehat, RSKD Duren Sawit menggelar kegiatan outdoor seru bagi sejumlah rehabilitan di Citra Alam Lakeside, berupa melukis kaos dan beberapa permainan fun games. Acara yang diselenggarakan pada 23 Oktober tersebut diikuti oleh 28 pasien yang didampingi 7 petugas rumah sakit.

Semangat para peserta untuk mengikuti kegiatan sudah terlihat sejak kedatangan sekitar pukul 10.00 di lokasi Citra Alam Lakeside, Situ Gintung, Ciputat. Meski telah menempuh perjalanan cukup jauh dari Jakarta Timur, namun wajah mereka tetap segar, berseri-seri dan penuh canda tawa.

Setelah rombongan datang mereka langsung diarahkan menuju saung yang berada di pinggir danau. Tak lama kemudian dua instruktur Citra Alam menyapa untuk memperkenalkan diri sambil menyelipkan beberapa permainan ringan agar peserta lebih rileks dan siap mengikuti kegiatan. Selanjutnya para peserta dipersilahkan  menikmati hidangan welcome drink terlebih dahulu.

Demo melukis kaos sebelum dimulai

Karena hari sudah menjelang siang, kegiatan segera dimulai dengan pelatihan melukis diatas kaos. Instruktur menjelaskan peralatan apa saja yang akan digunakan serta memperagakan cara bagaimana melukis diatas kaos yang benar. Arahan dari instruktur diperhatikan secara seksama oleh seluruh peserta.

Tibalah saat para peserta untuk mempraktekkannya secara langsung. Dengan menggunakan pensil, mereka menjiplak gambar yang sudah disediakan. Ada juga yang membuat kreasi gambar sendiri. Kemudian dilakukan pewarnaan dengan menggunakan cat dan kuas. Bermacam-macam warna yang mereka kreasikan, ditorehkan secara perlahan dan hati-hati diatas kaos. Kegiatan tersebut semakin semarak dengan iringan sejumlah musik organ tunggal yang dibawa oleh rombongan sendiri.  

Melukis kaos dengan berbagai bentuk motifSesi pelatihan melukis diatas kaos selesai tepat menjelang jam 12, waktunya untuk istirahat makan siang dan menjalankan ibadah sholat. Hidangan berupa ikan nila goreng, sayur asem dan tempe bacem lengkap dengan sambalnya telah siap tersaji secara prasmanan. Ditemani hawa sejuk dan hembusan angin yang meniup pepohonan dengan pemandangan danau Situ Gintung, mereka menikmati hidangan. Beberapa peserta yang sudah selesai makan menunjukkan kemampuan bernyanyinya sambil diiringi organ tunggal.

Jam menunjukkan pukul 13.00, ketika para instruktur memberi aba-aba agar para peserta kembali berkumpul. Kegiatan outdoor seru para rehabilitan RSKD Duren Sawit dilanjutkan dengan 3 fun games yang telah dipilih yakni games pensil kebersamaan, transfer air, dan cahaya kehidupan. Sebelum permainan, 3 orang instruktur memberikan pengarahan terlebih dahulu kepada peserta termasuk menanyakan kembali apakah para peserta membawa baju ganti. Selanjutnya dilakukan permainan ice breaking sebagai pemanasan.

Peserta bermain pensil kebersamaan

Sebelum memulai permainan pertama, peserta dibagi menjadi 3 kelompok yang didalamnya terdapat petugas pendamping. Selanjutnya mereka berbaris sesuai kelompok dan berjalan menuju lapangan yang letaknya agak jauh dari saung. Di lapangan sudah tersedia 3 buah pensil yang masing-masing diikatkan oleh banyak tali sesuai jumlah peserta. Instruktur memberikan arahan bahwa setiap kelompok harus berjalan menuju botol sambil membawa pensil yang terikat tali. Setelah sampai, masing-masing kelompok harus bisa memasukkan pensil secara bersama-sama kedalam sebuah botol. Kelompok yang tercepat memasukkan pensil ke dalam botol, dia lah yang menjadi pemenang. Seluruh peserta sangat antusias dengan permainan dalam kegiatan outdoor seru ini tanpa mempermasalahkan menang atau kalah.

Permainan kedua adalah transfer air, dimana setiap kelompok harus memindahkan air dengan menggunakan ember kecil yang penuh lubang melalui atas kepala masing-masing. Kelompok yang menjadi pemenang adalah yang berhasil memindahkan air lebih banyak. Games ini berlangsung seru karena menjadi kesempatan bagi setiap peserta untuk bermain air, menyiram teman-temannya. Meski diwarnai canda tawa namun permainan tetap berlangsung sportif.

Gelak tawa  permainan transfer air

Games terakhir merupakan games yang paling seru menurut saya. Sebab dalam permainan bernama cahaya kehidupan ini, peserta harus bekerja sama dengan baik serta dilatih untuk tidak pantang menyerah meski harus mengalami kegagalan berulang. Instruktur mengarahkan seluruh peserta untuk menyalakan satu lilin dari sebuah obor di garis start. Seluruh peserta menjaga lilin agar tidak padam sambil  berjalan menuju obor yang terletak di garis finish. Sepanjang jalan dari garis start menuju finish tentunya bukan tanpa hambatan karena peserta juga harus menghalau lemparan plastik berisi air dari para instruktur. Hambatan itulah yang mengakibatkan lilin berkali-kali mati sebelum sampai garis finish. Dengan berbagai cara, para peserta melindungi lilin agar tidak padam dihembus angin atau tersiram air. Akhirnya permainan berhasil diselesaikan juga setelah 3 kali mengalami kegagalan. Sungguh sebuah perjuangan yang luar biasa. Seluruh peserta pun bersorak merayakan keberhasilan mereka.

Serunya permainan cahaya kehidupan

Permainan penuh tantangan namun menyenangkan itu menutup seluruh rangkaian kegiatan RSKD. Keceriaan para peserta yang merupakan rehabilitan RSKD dalam setiap kegiatan outdoor seru di Citra Alam Lakeside diharapkan bisa menjadi obat untuk memulihkan kondisi jiwa mereka dan mereka pun dapat lebih siap kembali ke masyarakat.  

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *