Bagi siswa sekolah menengah yang gemar berorganisasi, sudah pasti mengenal kegiatan bernama Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa atau yang biasa disingkat LDKS ini. Sebab kegiatan yang merupakan pelatihan dasar kepemimpinan tersebut sudah menjadi agenda rutin yang dilaksanakan oleh hampir seluruh sekolah menengah, tingkat pertama maupun tingkat atas.
Kegiatan LDKS dengan nuansa hutan kota

Pelatihan biasanya diberikan oleh pengurus OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) lama kepada calon pengurus baru. Ada 2 bagian LDK yakni LDK Fisik dan LDK Mental, yang materinya diberikan pada waktu dan tempat yang berbeda.

Selanjutnya pada materi teori dasar kepemimpinan serta kemampuan berorganisasi, meliputi penyuluhan mengenai karakter pemimpin yang benar, cara-cara berkomunikasi yang benar layaknya seorang pemimpin, proses manajemen konflik serta cara seorang pemimpin memecahkan masalah secara efektif dan benar.

Selama berlangsungnya LDKS, para peserta dituntut memiliki kedisiplinan tinggi, seperti datang dan hadir di setiap sesi kegiatannya tepat waktu, mematuhi seluruh peraturan yang berlaku, serta selalu menjaga kebersamaan. Bahkan jika ada peserta yang melanggar, hukuman pun diterapkan.

LDK SMA 6 @Riverside

Setelah kegiatan LDK selesai dilaksanakan, biasanya para siswa yang menjadi peserta dilantik menjadi pengurus OSIS resmi. Meski LDK lebih banyak dilakukan di sekolah menengah, namun ada juga beberapa universitas yang menyelenggarakannya di awal masa perkuliahan atau sebagai ajang orientasi mahasiswa.

Sebagai kegiatan untuk melatih sikap kepemimpinan, LDKS bagi siswa atau mahasiswa diharapkan mampu mencetak calon-calon pemimpin masa depan yang amanah, kuat dan tangguh, sehingga bisa membawa bangsa ini ke arah yang lebih baik.

2 thoughts on “Kegiatan LDKS Untuk Masa Depan Generasi Bangsa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *