Seperti namanya, sains atau science yang berarti ilmu pengetahuan adalah semua hal yang bisa dipelajari untuk menjawab rasa keingintahuan terhadap sesuatu. Anak-anak usia bayi hingga permulaan sekolah biasanya memiliki rasa ingin tahu yang sangat besar. Ketika berada pada usia sekolah mereka mulai memperoleh jawaban dari keingintahuannya itu. Bahkan banyak sekali yang mereka peroleh melalui pelajaran dan berbagai ilmu pengetahuan dari sekolah. Pengertian mengenai ilmu pengetahuan pun tak hanya sampai disitu. Karena kebutuhan manusia akan ilmu pengetahuan tetap berlanjut hingga akhir hayatnya.

Lalu apa yang dimaksud dengan science camp?

Science camp merupakan program outdoor sains yang sangat menarik, menyenangkan dan menantang bagi para pelajar maupun peneliti-peneliti muda yang menyukai petualangan dan rasa ingin tahu yang besar terhadap ilmu pengetahuan. Program yang diterapkan bagi pelajar dan tingkat SD, SMP dan SMA ini diambil dari ilmu-ilmu sains di luar kurikulum sekolah, sehingga apa yang didapat oleh pelajar pada program ini dapat melengkapi ilmu yang diperoleh di sekolah.

Penyelenggara program Science Camp adalah lembaga-lembaga yang bergerak di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, atau lembaga pelatihan dan edukasi. Sebagai tempat pendidikan alam terbuka yang menitikberatkan pembelajaran pada praktek dan pengalaman nyata, Citra Alam memiliki program science camp yang mengajak siswa untuk mengenal berbagai hal yang berhubungan dengan pertanian dan perikanan.

Karena itulah Citra Alam dipilih oleh sekolah Pelita Bangsa, Cirebon untuk menggelar program science camp. Pada 12 – 13 Januari, 48 siswa tingkat SMP mengikuti program di Citra Alam Riverside, Cilember, Bogor pada 12 – 13 Januari lalu. Program pelatihan yang diambil sekolah tersebut adalah :

1. Pelatihan Agro Sawah yakni menanam padi dan pengenalan bajak sawah

2. Pelatihan Apotik Hidup yang merupakan pengenalan jenis tanaman obat dan menanam tanaham obat

3. Pengenalan alur proses fermentasi kotoran hewan menjadi biogas

4. Pelatihan pengukuran PH air dan PH tanah

5. Pelatihan membuat pupuk kompos, pupuk cair Ekihi dan Pestisida

6. Budidaya ikan

Membuat Pestisida Organik
Kegiatan Budidaya Ikan

Dalam setiap sesi pelatihannya, dibentuk kelompok-kelompok kecil untuk melakukan berbagai percobaan yang berhubungan dengan materi. Modul pelatihan disampaikan oleh instruktur Citra Alam yang profesional dan pelaksanaannya juga selalu dalam pengarahan mereka.

Selain mengikuti aktivitas belajar melalui sejumlah pelatihan, siswa SMP Pelita Bangsa Cirebon juga mengikuti sejumlah permainan untuk membangun karakter dan soliditas team, seperti ice breaking dan arung jeram.

Arung Jeram

Kepala Sekolah, Regina Elizabeth terkesan dengan kegiatan science camp yang berlangsung selama 2 hari di Citra Alam Riverside, karena anak-anak didiknya telah mendapatkan pelajaran yang luar biasa. Mereka tidak hanya bersenang-senang saja, tetapi juga memperoleh pengalaman dari berbagai percobaan yang mereka lakukan sendiri. Regina menambahkan, dengan dukungan para trainer berpengalaman Citra Alam, para siswa memperoleh banyak manfaat dari kegiatan science camp sehingga  ia merekomendasikan kepada sekolah-sekolah mulai dari tingkat SD hingga SMA agar menggelar kegiatan serupa di Citra Alam.

Mengikutsertakan anak-anak dalam kegiatan science camp memiliki banyak manfaat , seperti :

  1. Memicu minat pelajar dalam ilmu pengetahuan
  2. Mendorong rasa ingin tahu
  3. Membangun kepercayaan diri
  4. Membentuk jiwa kepemimpinan
  5. Meningkatkan keterampilan

Dengan kesempatan mengeksplorasi ilmu pengetahuan secara kreatif termasuk menghadapi berbagai tantangannya melalui kerjasama tim, para siswa akan memperoleh banyak manfaat dari kegiatan science camp. Pengalaman nyata yang mereka dapatkan menjadi lebih menyenangkan dan akan selalu diingat.

 

2 thoughts on “Kegiatan Ilmiah – Science Camp Memperkaya Pengetahuan Anak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *