Dunia anak-anak merupakan dunia dimana waktu mereka banyak dihabiskan untuk bermain. Namun anda sebagai orang tua tidak perlu khawatir, karena anda masih dapat memberikan beberapa kegiatan yang mendidik dengan cara bermain. Bermain sambil belajar merupakan sebuah hal yang sangat disukai oleh kebanyakan anak-anak.

Masih ingatkah? betapa senangnya anak-anak ketika mereka diberikan bahan membuat kue kemudian dibiarkan berkreasi membuat bentuk-bentuk sesuai keinginan mereka.  Begitu pula sebagai orangtua bisa mengajak anak-anak untuk berkreasi membuat bentuk-bentuk kue kesukaan mereka dan menghias makanannya sendiri dengan kegiatan cooking class.

Dengan melibatkan anak dalam kegiatan cooking class, anak-anak dapat membuat makanan secara langsung seperti makanan yang biasa mereka makan. Selain itu, anak juga dapat  mengenal bahan makanan dan peralatan yang digunakan dalam memasak.

membuat roti citra alam seasideCooking class tidak harus dilakukan didalam ruangan tapi bisa dilakukan di alam terbuka. Citra Alam juga sering menggelar kegiatan cooking class di alam terbuka dengan peserta kegiatan mulai dari TK sederajat sampai dengan SMA. Dari kegiatan cooking class yang diselenggarakan dapat memberikan banyak manfaat terutama bagi anak usia dibawah 5 tahun. Mengenalkan berbagai macam alat dan bahan serta langkah-langkah dalam membuat masakan, akan melatih kecerdasan otak anak, secara visual dan bahasa. Misalnya, dalam menentukan komposisi bahan, terdapat takaran dalam angka, yang melatih kecerdasan anak.

citra alam seasideDalam mengikuti kegiatan cooking class para peserta harus mengikuti setiap tahapan, mulai dari mempersiapkan bahan, proses pengolahan sampai siap untuk disantap. Citra Alam sering menggelar kegiatan membuat roti, kali ini diikuti oleh siwa dan siswi SMP YPI  Pulo Gadung di Citra Alam Seaside- Anyer dengan memilih menu yang mudah yaitu membuat roti.

citra alam seasidePada tahap pembuatan roti terlebih dahulu anak-anak menyiapkan alat-alat untuk membuat roti seperti, oven roti , loyang, mesin pembuat roti, timbangan dan gelas takaran, roll pin stick atau kayu penggiling, alat pemotong, parutan keju, kuas, sendok ceper dan plastik roti dll. Setelah itu menyiapkan bahan untuk membuat roti adalah tepung, susu bubuk, ragi roti, pengembang roti, telur kuning, air es, susu cair full cream, mentega, garam dll.

roti unyilSebelum memulai kegiatan cooking class para peserta diinstruksikan untuk memakai sarung tangan plastik agar lebih higenis. Tahap pertama para peserta membuat bulatan sesuai arahan dari instruktur, tahap selanjutnya adalah proses menggiling adonan menggunakan roll pin stick setelah tahap penggilingan selesai dilanjutkan proses pembentukan, pada proses pembentukan roti para peserta dapat berkreasi sesuai yang mereka inginkan dan roti diisi dengan selai, coklat, pisang, sosis, keju, dan abon. Setelah selesai roti siap dipanggang di oven selama beberapa menit. Setelah matang roti siap untuk dihidangkan. Kegiatan cooking class dapat menjadi media pembelajaran yang baik untuk anak. Banyak hal yang dapat dipelajari saat membuatnya, seperti mengajarkan mereka untuk lebih bersabar, berkomunikasi, berkreasi, ilmu pengetahuan, dan bagaimana cara membuat dan mengolah makanan yang sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *