citra alam lakeside

Di tengah rintik hujan ratusan siswa-siswi memasuki lokasi Citra Alam Lakeside – Situ Gintung. SD Santo Markus I & II dengan jumlah peserta 190 anak yang akan mengikuti salah satu kegiatan yang dimiliki Citra Alam yaitu pelatihan keramik, mendongeng, dan fun games. Sebelum mengawali kegiatan anak-anak berkumpul di aula utama untuk menikmati hidangan welcome drink terlebih dahulu sambil menunggu para peserta yang belum tiba.

Setelah selesai menikmati menu welcome drink, semua peserta melakukan ice breaking sebagai pengakraban antara instruktur dengan siswa dan siswi SD Santo Markus I & II.

citra alam lakeside

Tepat pukul 10.00 WIB pagi, kegiatan pertama dimulai yaitu mendongeng yang akan dibawakan oleh Kak Mochammad Awam Prakoso (lahir di Blora, Jawa Tengah, pada 18 Mei 1973) yang lebih dikenal sebagai Kak Awam atau Awam Prakoso,  beliau adalah pendongeng dan pemerhati anak berkebangsaan Indonesia. Kak Awam juga dikenal sebagai pembawa acara di beberapa stasiun televisi. Beliau berkarier dalam dunia mendongeng mulai tahun 1999 sampai sekarang.

pendongeng Indonesia

Suasana pagi semakin meriah saat kak Awam selaku pendongeng memasuki aula utama dan mulai mendongeng dengan tema “Belajar menjaga lingkungan sekitar sejak dini”. Kak Awam sangat piawai dalam menirukan berbagai macam suara saat mendongeng sehingga siswa-siswa terlihat begitu ceria, fun, sorak gembira pun terdengar memenuhi aula utama, mereka begitu antusias dalam mendengar setiap kalimatnya.

citra alam lakeside

Dalam dongeng yang dibawakan oleh kak Awam mengandung nilai-nilai positif dan penuh empati yaitu menjaga lingkungan sekitar dengan tidak membuang sampah di sembarang tempat. Tidak terasa satu jam pun berlalu dan kak Awam mengakhiri acara mendongeng karena mengingat durasi untuk melanjutkan kegiatan selanjutnya.

Melihat keceriaan dari siswa-siswi SD Santo Markus l & II, saya sedikit mewancarai kak Awam. Dengan memberi pertanyaan manfaat mendongeng bagi anak ?

Kemudian beliau menyampaikan beberapa manfaat dari mendongeng bagi anak adalah sebagai berikut:

1. Mendekatkan orangtua dengan anaknya, guru dengan muridnya, kakak dengan adiknya, dan sebagainya.

2. Mendongeng juga merupakan motivasi bagi anak karena dengan mudah membuat anak itu belajar bahasa komunikasi, membangun imajinasi, dan menumbuhkan kecerdasan emosional.

3. Dongeng termasuk juga salah satu media untuk menangani berbagai keadaan-keadaan darurat anak, seperti anak lagi sakit, bencana, trauma healing, menangis, dan berbagai persoalan anak-anak dapat diselesaikan melalui dongeng, asalkan dengan teknik-teknik mendongeng atau bercerita, yang (memang) bisa dipelajari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *