sarapan pagi di citra alam seaside

“Awali hari dengan sarapan pagi”. Tagline yang sering diperdengarkan dalam iklan atau anjuran tentang hidup sehat ini, sudah tidak asing lagi. Dari segi kesehatan, sarapan memang merupakan hal penting, sebagai bekal nutrisi bagi tubuh untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

Sarapan akan lebih menyenangkan lagi jika dilakukan bersama karena bisa menjadi momen para anggota keluarga untuk berkumpul, berbagi cerita, canda tawa serta kata-kata yang dapat memotivasi satu sama lain. Sarapan dengan makan bersama ini lah yang menjadi salah satu cara mempererat kebersamaan antar anggota keluarga.

Menurut beberapa studi dan penelitian para ahli, sarapan pagi dapat memberikan energi untuk memulai hari baru, pengendalian berat badan dan meningkatkan konsentrasi dan kinerja. Penjelasan lengkapnya sebagai berikut :

 

sarapan di citra alam seaside

Sumber Energi Awal

Setiap orang harus memulai hari mereka dengan cukup energi sebagai modal untuk melakukan aktivitas, dimana pagi hari adalah start awal. Energi yang kita butuhkan tentunya berasal dari makanan apalagi setelah berjam-jam tidak ada asupan sama sekali. Oleh karena itu sarapan pagi juga harus dengan menu sarapan sehat, seperti: Telur, ikan, ayam, nasi, roti, sereal, dan buah-buahan.

Menekan Makan Berlebih

Orang yang melewatkan sarapan pagi lebih cenderung cepat merasa lapar sehingga saat bertemu makanan akan makan dengan porsi yang banyak. Hal ini menyebabkan peningkatan kadar gula darah dan berat badan cepat naik.

Lain halnya ketika seseorang membiasakan diri untuk sarapan di pagi hari, karena ia akan mendapatkan kestabilan metabolisme dan cenderung untuk tidak mengkonsumsi banyak kalori selama sepanjang hari.

Mengurangi Lemak Perut

Jika seseorang sudah sarapan pagi, maka besar kemungkinan ia tidak suka ngemil secara berlebihan seperti snack, permen, atau makanan ringan lainnya sehingga mengurangi jumlah lemak perut dan mencegah kenaikan berat badan.

Meningkatkan Kerja Otak

Salah satu manfaat sarapan pagi yang tak kalah pentingnya yaitu dapat meningkatkan keterampilan kognitif otak, dari peningkatan memori untuk konsentrasi yang lebih tinggi bahkan meningkatkan kewaspadaan. Karena otak kita membutuhkan glukosa dari makanan  karbohidrat agar bekerja dengan baik. Tidak sarapan pagi berarti energi otak akan berkurang, sehingga fungsinya dapat menurun. Oleh karena itu, sarapan sangat penting bagi semua orang.

Tubuh yang Kuat

Menu sarapan yang sehat dengan makanan tinggi protein, akan memberikan energi sepanjang hari. Seperti kendaraan yang baru diisi bahan bakar, baik energi untuk saat itu maupun sebagai cadangan. Hal ini membuat tubuh menjadi fit, tak mudah lelah dan lebih siap menghadapi aktivitas yang cukup padat.

Mencegah penyakit Maag

Selanjutnya sarapan pagi sangat bermanfaat mencegah sakit maag dan mencegah kambuhnya sakit maag bagi mereka yang memang sudah memiliki penyakit ini. Karena sarapan akan membuat lambung terisi makanan sehingga dapat menetralisir asam lambung. Apalagi setelah lama lambung tak terisi makanan. Sebaliknya bagi yang melewatkan sarapan pagi, maka lambung terlalu lama kosong sehingga dapat mengakibatkan rasa perih di lambung dan berpotensi menyebabkan sakit maag.

Mengingat banyaknya manfaat penting bagi kesehatan tubuh maka jangan lewatkan sarapan agar anda dapat memulai hari dengan pagi yang lebih berkesan. Untuk mendapatkan suasana yang berbeda, anda bisa mengajak keluarga maupun teman terdekat untuk liburan ke suatu tempat wisata yang menyediakan fasilitas untuk makan di alam terbuka.  Seperti merasakan nikmatnya sarapan di tepi kolam renang dengan udara sejuk nan asri yang dikelilingi pohon-pohon kelapa dan warna-warni bunga. Momen kebersamaan dengan orang-orang terdekat, baik keluarga, kerabat, maupun rekan kerja adalah momen yang tidak boleh dilewatkan begitu saja.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *