Era gadget dan keterbukaan informasi yang terus menerus berkembang saat ini makin menimbulkan dampak yang cukup signifikan di berbagai lini kehidupan masyarakat. termasuk mempengaruhi cara bersosialisasi satu sama lain. Kondisi masyarakat yang sudah bisa dikatakan ‘melek teknologi’ terjadi di kawasan perkotaan sampai pedesaan. Dengan telepon genggam cerdas atau yang dikenal dengan smartphone, memungkinkan seseorang untuk terhubung dengan orang lain dari berbagai penjuru dunia. Tak hanya teman, keluarga atau kerabat, orang yang tidak dikenal pun bisa terhubung dengan sangat mudahnya. Banyak yang mengkhawatirkan kalau situasi demikian dapat menghilangkan rasa kekeluargaan dan kebersamaan hingga memutus silaturahmi. Bahkan sempat muncul anggapan bahwa teknologi informasi membuat  yang jauh menjadi dekat, sementara yang dekat menjadi jauh. Padahal dalam keseharian, orang-orang dekatlah yang selalu ada, baik keluarga, tetangga, maupun teman.

Oleh karena itu tak heran jika saat ini terdapat banyak cara untuk semakin mempererat keakraban dan silaturahmi. Di lingkungan keluarga pasti memiliki cara yang berbeda dengan lingkungan perumahan atau perkantoran. Menggelar acara gathering merupakan salah satunya. Bahkan sekarang ini acara gathering sudah familiar di banyak kelompok masyarakat.

Pada dasarnya fungsi dan tujuan penyelenggaraan kegiatan gathering adalah untuk menambah keakraban dan mempererat tali silaturahmi. Hanya saja jika di perusahaan atau instansi pemerintah, kegiatan tersebut diselenggarakan guna memfasilitas waktu berkualitas antara seluruh karyawan dengan keluarganya.

Gathering diperlukan untuk penyegaran di sela penatnya rutinitas pekerjaan sehari-hari. Sementara pada kelompok masyarakat, gathering sering digunakan untuk saling bertukar informasi mengenai berbagai hal yang berkaitan dengan aktivitas kelompok mereka.

Gathering sendiri biasanya digelar di indoor maupun outdoor dengan  tour ke luar kota dan mengambil lokasi di daerah seperti pegunungan atau pantai. Sambil menikmati keindahan alam serta hawa sejuk segar udaranya yang bebas dari polusi, kegiatan gathering dapat berjalan efektif dan menjadi pengalaman kebersamaan yang tak terlupakan.

Gathering yang biasanya digelar dengan peserta dari berbagai umur, bisa diisi dengan berbagai macam aktifitas. Berikut beberapa aktivitas yang bisa dilakukan untuk kegiatan gathering:

1. Outbound yang berisi banyak permainan untuk menambah keakraban, kebersamaan dan kekompakan antar peserta. Jenis permainannya bisa berupa games berkelompok, atau permainan yang menguji keberanian : flying fox, arung jeram, dsb. Tak ada batasan usia juga dalam permainan tersebut. Asalkan memiliki nyali, setiap pesertanya akan memiliki pengalaman yang berkesan. 

2. Camping, biasanya bertujuan untuk mencari suasana dan pengalaman baru bagi para pesertanya. Pengalaman bermalam di alam terbuka dengan menggunakan tenda serta fasilitas yang serba terbatas, bisa jadi bagus untuk membangun kemandirian dan dapat efektif mempererat rasa kekeluargaan.

3. Pelatihan Seni dan Budaya, dapat berupa pelatihan membuat keramik, bermain tanah liat, membatik, membuat miniatur  wayang serta menyaksikan pementasannya, bermain angklung, dll. Mengisi kegiatan gathering dengan pelatihan seni dan budaya dapat menjalin keakraban dan mempererat silaturahmi antar peserta, juga bermanfaat untuk menambah wawasan dan pengetahuan mengenai seni  budaya  bangsa.

Seluruh aktivitas bermanfaat yang dapat mengisi kegiatan gathering tersebut ada di Citra Alam. Dengan mengusung konsep wisata edukasi, Citra Alam memiliki banyak kegiatan bermanfaat di 3 lokasi cabang yang memiliki pemandangan dan suasana berbeda : 

1. Citra Alam Riverside dengan pemandangan sungai  jernih yang membelah pegunungan beserta hawa sejuknya. Lokasi Citra Alam Riverside berada di desa jogjogan, Cisarua, Bogor

2. Citra Alam Lakeside yang memiliki suasana hutan kota nan asri, terletak  di Situ Gintung, Ciputat.  Pemandangan danau situ gintung yang terbentang luas juga menjadi daya tarik tersendiri bagi setiap pengunjung yang berkegiatan

3. Citra Alam Seaside yang sesuai namanya berada di kawasan pantai, tepatnya Anyer, Banten. Pemandangan laut  dan nyiur melambai beserta hawa segarnya akan membuat kegiatan apapun yang diikuti menjadi lebih menyenangkan.

Tanpa harus mengabaikan kemajuan teknologi dan informasi, bersosialisasi secara langsung dengan keluarga, saudara, teman dan kerabat tetap sangat diperlukan. Karena sebagai mahluk sosial, setiap manusia pasti membutuhkan berinteraksi satu dengan lainnya. Apabila kebersamaan tetap terjalin, maka hidup pun akan lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *