Liburan sekolah adalah waktu yang sangat dinanti dan paling menyenangkan bagi para pelajar, menjadi kesempatan untuk beristirahat dari padatnya aktivitas sekolah. Selama liburan sekolah, akan banyak waktu luang saat anak-anak berada di rumah. Seringkali mereka juga merasa jenuh dengan kondisi tersebut. 

Untuk mengusir kejenuhan sekaligus memberikan manfaat di masa liburan sekolah, maka penting bagi anak-anak melakukan beragam kegiatan. Selain bermanfaat, kegiatan tersebut seharusnya juga menyenangkan, sehingga liburan dapat menjadi momen berkesan. Dengan begitu diharapkan anak-anak akan mendapatkan semangat baru ketika kembali ke sekolah. 

Berikut aktivitas kegiatan positif isi liburan sekolah:

Membantu pekerjaan orang tua di rumah

Salah satu kegiatan positif untuk mengisi waktu libur sekolah adalah membantu orang tua di rumah. Pada waktu liburan jika memang tidak ada rencana berlibur ke suatu tempat bisa juga dimanfaatkan untuk mengajarkan hal baru pada anak seperti mengajarkan mereka membantu pekerjaan rumah tangga. Kita bisa melibatkan anak dengan pekerjaan yang mudah dan tidak membahayakan, tetapi tetap dalam suasana yang menyenangkan. Misalnya menyapu, memetik sayuran, melipat baju, merapikan mainan atau merapikan tempat tidur. Karena pekerjaan rumah yang bermacam-macam, orang tua dapat mulai mengamati seperti apa minat anak terhadap pekerjaan tersebut. Dengan membantu pekerjaan orang tua di rumah, anak-anak akan berlatih untuk hidup mandiri. 

Berwisata Edukasi

Beberapa keluarga sering membuat agenda rutin untuk refreshing atau berwisata saat liburan sekolah anak. Hal tersebut dimaksudkan agar anak tidak lagi merasa jenuh dengan kegiatan belajar selama sekolah. Cobalah untuk membuat rencana berwisata yang tidak hanya untuk bersenang-senang saja tapi juga bermanfaat. Mendatangi lokasi wisata yang menawarkan kegiatan edukasi seperti wisata alam yang bertujuan untuk mengajarkan cara melestarikan lingkungan hidup, bisa menjadi pilihan. Dalam wisata tersebut, anak-anak juga bisa belajar berbaur dengan orang-orang yang belum mereka kenal. Banyak juga hal baru yang dapat menambah pengalaman dan pengetahuan anak, saat mengikuti wisata alam. 

Berkarya

Mengisi liburan sekolah, akan sangat berharga apabila anak-anak bisa memanfaatkan  waktu dengan berkarya. Kreatif dalam berbagai hal sesuai dengan bidang yang diminati anak bisa dilakukan dengan menulis cerpen, cerbung, novel, komik, atau sketsa. Bisa juga dengan membuat pernak-pernik untuk hiasan rumah atau aksesoris yang beraneka bentuk. Memberikan kebebasan kepada anak untuk berkarya akan melatih imajinasi dan kreativitas mereka yang tentu saja akan berguna bagi masa depan.

Beberapa aktivitas di atas bisa menjadi referensi untuk mengisi waktu liburan sekolah dengan kegiatan bermanfaat. Selamat berlibur anak-anak Indonesia, semoga liburanmu tahun ini menyenangkan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *