Meski hari raya idul fitri sudah berlalu namun momentum perayaannya masih bisa dirasakan. Dalam suasana lebaran yang masih sangat terasa, mengunjungi sanak saudara dan berwisata menjadi hal yang sering dilakukan. Terlebih masa liburan lebaran tahun ini cukup lama khususnya bagi anak-anak sekolah karena berbarengan dengan libur kenaikan kelas. Oleh karenanya  orang tua juga menyiasati dengan mengambill cuti tahunan agar bisa memiliki waktu lebih banyak untuk berlibur bersama.

Agar masa liburan menjadi momen penuh kesan dan tak terlupakan, penting untuk memilih kegiatan yang menarik. Bahkan tak hanya menarik, unsur mendidik pun juga perlu tetap diperhatikan agar seluruh anggota keluarga terutama anak-anak mendapatkan manfaat dari masa liburan mereka. Kegiatan outdoor menarik dan edukatif yang dapat mengisi liburan , seperti :

1.Wisata Alam

mengenal alam lewat kegiatan agroSuasana lebaran yang masih bernuansa silaturahmi sangat memungkinkan untuk diisi dengan berbagai kegiatan berkumpul bersama keluarga atau halal bi halal. Menggelar acara tersebut sambil berwisata di alam terbuka akan memberikan kesan tersendiri. Apalagi halal bi halal biasanya diikuti oleh berbagai usia. Bagi anak-anak, kegiatan di alam terbuka akan memberikan banyak pengetahuan. Wisata alam dapat diisi dengan kegiatan menarik seperti berenang, argro wisata, outbound dan camping.

2. Berkreasi dengan tanah liat

berkreasi dengan tanah liat

Mengembangkan kreatifitas bisa dilakukan dengan berbagai cara, bahkan bisa menjadi alternatif untuk mengisi liburan. Media tanah liat dapat menjadi salah satu alat untuk mengembangkan kreatifitas anak dalam membuat bermacam-macam bentuk yang mereka inginkan. Dengan mengajak anggota keluarga mengikuti kegiatan berkreasi dengan tanah liat, dapat memberikan pengetahuan baru bagi mereka mengenai sumber daya alam yang bisa dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari. Selain itu, dapat juga menjadi sarana melestarikan seni budaya bangsa.

3. Belajar Membatik

berkreasi gamber dengan membatik

Selain menggunakan tanah liat, berkreasi juga bisa dilakukan dengan cara membuat gambar dan lukisan. Apalagi jika mengguratkannya diatas kain atau yang disebut dengan membatik. Meski menggunakan peralatan dan bahan-bahan khusus dalam pengerjaannya, namun seni membatik memiliki nilai budaya tersendiri sehingga menarik untuk dipelajari baik oleh anak-anak maupun orang dewasa. Mengisi waktu liburan dengan kegiatan ini sangat bermanfaat dalam memperkaya wawasan seni dan budaya. Pengalaman dalam mengguratkan malam menggunakan canting diatas kain, akan memberikan kesan tak terlupakan. Baik berkreasi dengan tanah liat maupun belajar membatik akan lebih menyenangkan jika dilakukan secara outdoor sambil menikmati keindahan alam.

Ketiga kegiatan outdoor menarik dan edukatif untuk mengisi liburan itu dapat ditemukan di Citra Alam yang memiliki 3 lokasi di wilayah Jabodetabek. Dengan diskon menarik yang berlaku hingga 31 Juli, siapapun bisa mengikuti berbagai kegiatan outdoor bermanfaat dengan harga terjangkau.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *