family gathering citra alam seaside

Disaat umur sudah makin bertambah maka orang tua akan mengalami masa penurunan baik kondisi fisik maupun kesehatan sehingga mereka harus beristirahat di rumah yang pastinya akan menimbulkan rasa jenuh.  Kita sebagai anak pastinya ingin memberikan sesuatu yang berharga untuk mereka seperti mengajak berlibur ke suatu tempat yang akan menjadi momen berharga namun berhubung usia mereka usia lanjut ada beberapa hal yang harus diperhitungkan mengingat kondisi dan fisik tidak lagi seperti sewaktu masih muda. Kita sebagai anak harus lebih mempertimbangkan lokasi liburan yang benar-benar dapat menambah keharmonisan dalam hubungan keluarga.

Mengisi kegiatan positif pada masa lansia (lanjut usia) mempunyai tujuan untuk meningkatkan kualitas hidup di usia lanjut. Pada kenyataannya berlibur bukan hanya kebutuhan anak muda saja namun sebagai orang tua juga membutuhkan waktu untuk berlibur. Citra alam bisa menjadi pilihan bagi orang tua atau lanjut usia karena mereka lebih cenderung menyukai kegiatan yang berhubungan dengan budaya misalnya batik, wayang atau kesenian budaya Indonesia lainnya. Nuansa budaya yang kental pasti menarik perhatian mereka bukan hanya untuk berwisata tetapi sebagai ajang untuk mengulang kembali kenangan masa lalu atau bernostalgia. Meskipun demikan banyak hal yang perlu diperhatikan seperti  waktu berkegiatan, kesehatan, kondisi fisik maupun kesiapan mental pada mereka.

team building citra alam seasideDi Citra Alam dengan fasilitas yang aman dan nyaman mendukung kegiatan anda saat mengajak para lansia (lanjut usia). Udara segar dengan nuansa pegunungan, pantai,  dan hutan kota pinggir danau membuat tubuh menjadi segar, suasana alam yang bersahabat memberi energi positif bagi pengunjung, hal ini semakin baik bagi orangtua atau lansia karena mereka bisa menghirup banyak udara segar agar kesehatan tetap terjaga. Kondisi lingkungan yang baik dapat berpengaruh positif terhadap terwujudnya kesehatan yang baik.

melukis kaos citra alam seasideSeperti yang Saya tulis  di atas bahwa orangtua cenderung menyukai kegiatan yang berhubungan dengan budaya. Citra alam juga menyediakan beberapa kegiatan lebih tepatnya adalah pelatihan seperti pelatihan membatik, pelatihan membuat keramik, dan pelatihan lainnya. Dengan belajar membatik mereka akan mempelajari teknik-teknik membatik selain itu untuk mengatasi kejenuhan karena hanya beraktivitas dirumah. Berlibur di wisata yang tepat merupakan kegiatan terapi bagi lansia karena dengan adanya aktivitas fisik dapat mempengaruhi kesehatan dan memperlancar aliran darah. Demikian juga dengan melakukan permainan-permainan ringan menambah kebugaran bagi semua peserta lansia.

pelatihan membatik citra alamBatik merupakan warisan dari budaya luhur yang  menjadi budaya turun temurun dengan adanya pelatihan ini mendorong kita semua untuk tetap melestarikan apa yang sudah orang terdahulu perjuangkan. Kegiatan ini bukan hanya sekedar membatik namun sebagai sarana dalam meningkatkan ilmu membatik bagi orang yang produktif. Pelatihan ini juga diharapkan dapat melanjutkan dan mengembangkan kemampuan serta meningkatkan kualitas dan mutu bagi pengrajin batik. Selain, melakukan kegiatan lansia juga bisa menikmati damainya suasana alam di Citra Alam.

pelatihan membuat keramik citra alamBukan hanya pelatihan membatik saja tetapi mereka juga mengikuti kegiatan pelatihan membuat keramik yang dipandu oleh tim instruktur kami yang sudah berpengalaman sehingga semua kegiatan dapat berjalan dengan baik. Selain melakukan berbagai kegiatan mereka juga melakukan berbagai permainan yang disesuaikan dengan umurnya. Senyum kebahagian tampak dari wajah mereka, aktivitas seperti ini merupakan aktivitas jasmani yang sangat bermanfaat dalam mengembangkan fungsi fisik, mental, dan sosial, untuk meningkatkan kualitas hidup dan meninggikan harapan hidup.

Berlibur di tempat wisata yang tepat dapat membangun suatu kerja otak dan intelektual yang bisa menurunkan kecenderungan pikun pada usia 60 tahun ke atas. Menjadi tua bukan berarti memilih santai dirumah dan bermalas-malasan namun para orang tua (lanjut usia) dapat melakukan  kegiatan yang lebih bermanfaat sekaligus sebagai terapi kesehatan.

2 thoughts on “Mengisi Kegiatan Positif Masa Lansia (Lanjut Usia)

  1. Selamat pagi, saya ingin tanya, apakah di Cirta Alam ada kegiatan bagi lansia yang tidak tinggal di Panti Lansia Citra Alam? Kalau ada bagaimana cara mendaftarnya?

    1. selamat pagi juga. Di Citra Alam bisa memfasilitasi kegiatan lansia, seperti berbagai pelatihan dan games2 ringan. Tapi kegiatan hanya 1 hari. Dan mohon maaf, kami tidak ada panti lansia citra alam. Citra Alam adalah lokasi untuk penyelenggaraan outbound, camping dan pelatihan seni budaya. Untuk mendaftarkan rencana kegiatannya, bisa menghubungi nomor yang tertera di web, ada chat wa dan telepon. Terima kasih atas pertanyaannya….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *