Berkemah merupakan kegiatan yang paling ditunggu-tunggu oleh sebagian orang di waktu libur. Apalagi di alam bebas sudah pasti banyak peminatnya. Berkemah bisa dilakukan dimana saja, bisa di pantai, pegunungan atau tempat-tempat lain yang nyaman untuk berkegiatan. Berkemah lebih seru jika anda mengajak keluarga, teman, atau rekan kerja anda sebagai penyegaran dan menikmati alam. Namun, ada hal-hal yang harus dihindari ketika berkemah sebagai berikut:

1. Merusak fasilitas alam

Jadilah wisatawan cerdas menikmati tanpa merusak fasilitas alam yang telah disediakan. Karena fasilitas yang diberikan kepada anda merupakan suatu sarana dan prasarana anda dalam berkemah. Semua fasilitas terlengkap diberikan demi kenyamanan anda ketika berkemah, jadi bantulah untuk menjaganya agar tetap bisa di nikmati oleh setiap pengunjung.

2. Membuang sampah sembarangan

Alam bebas menyuguhkan ribuan keindahan yang membuat para wisatawan betah berlama-lama untuk berkegiatan. Namun, sebagai pecinta alam jangan merusak alam dengan membuang sampah di sembarang tempat. Tentunya jika anda membuang sampah di sekitar alam akan berdampak pada kerusakan alam, ekosistem, dan dapat merusak pemandangan alam. Oleh sebab itu bawalah jenis makanan yang mudah terurai. Apabila anda berkemah di gunung atau tempat lain, sebaiknya  sampah dikumpulkan terlebih dahulu pada suatu tempat dan ketika hendak pulang sampah itu dibawa kemudian di buang pada tempat sampah yang sudah disediakan.

3. Tidak boleh membawa minuman keras

Saat berkemah pastinya anda tidak akan melewatkan momen terbaik bersama teman-teman anda di alam bebas. Namun, kembali pada niat awal bahwa anda mengadakan kegiatan berkemah di alam bebas untuk refreshing bukan untuk melakukan hal-hal yang dapat merusak alam dan mengganggu kenyamanan teman-teman anda. Ketika berada di alam bebas janganlah anda membawa minuman-minuman keras dan sejenisnya karena akan merusak ketentraman alam dan segala hal yang ada di dalamnya. Selain itu, ketika dalam keadaan mabuk daya ingat anda berkurang, mata menjadi kabur sehingga dapat membahayakan diri anda.

4. Jauhi makanan yang beracun

Alam bebas terkenal dengan indahnya berbagai macam tumbuhan. Namun jangan pernah anda tergoda dengan tumbuhan yang ada di alam bebas karena di alam bebas terdapat jenis tumbuhan yang beracun seperti jamur dan tumbuhan lainnya. Oleh sebab itu, penting bagi anda untuk mengenal berbagai macam tanaman yang mengandung racun berbahaya bagi tubuh manusia. Apabila anda tidak tahu betul tumbuhan itu baik atau tidak bagi anda maka jangan sekali-kali menyentuh apalagi memakannya karena hal itu sangat membahayakan diri anda.

5. Jangan memutar atau bermain musik keras-keras

Musik merupakan suara yang disusun sedemikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, dan keharmonisan dari suara yang dihasilkan dari alat-alat yang dapat mengahasilkan irama. Musik adalah seni dimana setiap orang dapat mengekspresikan hati lewat musik. Musik juga berfungsi sebagai sarana hiburan untuk menghibur jiwa yang sepi dan bosan. Meskipun demikian saat anda berkemah jangan pernah memutar atau bermain musik keras-keras karena dapat mengganggu teman anda lainnya apalagi jika musik yang anda putar atau mainkan belum tentu musik yang disukai teman anda hal ini akan sangat mengganggu suasana mereka. Bahkan ketenangan alam pun akan terusik.

Demikian sekilas informasi tentang hal-hal yang harus dihindari saat berkemah. Semoga informasi  ini bermanfaat bagi anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *