Minal aidzin wal faidzin, mohon maaf lahir dan batin.

Setelah sebulan penuh menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan, semua kaum muslimin merayakan hari raya Idul Fitri atau yang lebih akrab dengan istilah ‘Lebaran’. Dalam ajaran Islam, kita dianjurkan dengan memperbanyak minta ampunan kepada sang kholiq. Namun, itu tidak akan sempurna kalau tidak diteruskan saling memaafkan sesama manusia, khususnya dengan saudara, keluarga, dan tetangga.

Momen setelah lebaran banyak orang memanfaatkan dengan halal bihalal baik dengan keluarga, kerabat, alumni sekolah bahkan perusahaan. Halal bihalal dimaksudkan sebagai tradisi bermaaf-maafan setelah selesai menjalankan puasa Ramadhan atau pada hari raya dan sesudahnya.Halal bihalal ini dimaksudkan sebagai keinginan adanya sesuatu yang mengubah hubungan kita dari yang tadinya keruh menjadi jernih, dari yang beku menjadi cair, dan sebagai alat untuk menjaga silaturahmi.

Halal bihalal ini akan menjalin hubungan silaturahmi dan itu akan menimbulkan rasa kebersamaan, solidaritas dan kekompakan di setiap individu sehingga disiplin akan semakin meningkat. Dengan adanya rasa kebersamaan melalui silaturahmi serta komunikasi yang telah terjalin akan lebih meningkatkan semangat kerja, persaudaraan pun semakin erat.

Acara halal bihalal akan lebih menyenangkan apabila dilakukan di luar ruangan sehingga kita semua bebas bergerak dan tidak dibatasi oleh ruangan. Di wisata yang terbuka tentu lebih membuat kita nyaman karena bisa langsung menghirup udara segar dan melihat banyak pemandangan lainnya untuk refleksi mata.

Susun rundown acara sebaik mungkin sehingga halal bihalal bisa berjalan dengan lancar dan sesuai rencana yang diharapkan. Apalagi acara halal bihalal menjadi acara rutin yang dilakukan setelah lebaran atau idul fitri karena momen ini sangat penting untuk saling memaafkan dengan teman atau rekan kerja setelah hari raya idul fitri, sehingga menjadi salah satu aspek penting untuk menjaga tali silaturahmi.

Halal bihalal bisa diisi dengan kegiatan yang lebih seru dan menyenangkan seperti permainan-permainan yang dapat menumbuhkan kekompakan. Jadi acara tidak berakhir dengan bermaaf-maafan dan ngobrol saja namun banyak aktivitas yang bisa membangun tali silaturahmi dan kekompakan. Sehingga dalam setiap individu lahir rasa cinta kasih terhadap sesama.

Mumpung masih bulan puasa segera rencanakan kegiatan halal bihalal supaya bisa lebih efektif.  

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *