Menjelang bulan Ramadhan dan menyambut hari raya Idul Fitri tentunya segala sesuatu harus di persiapkan sebaik mungkin demi kelancaran menjalankan ibadah puasa. Bulan Ramadhan merupakan bulan suci dan penuh kemenangan bagi umat muslim se-dunia. Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk mengisi bulan Ramadhan, khususnya di lingkungan Sekolah. Berbagai cara bisa dilakukan dalam mengenalkan agama sejak dini, kegiatan ini berupa Pesantren Kilat atau bahasa kerennya (Sanlat).

Dengan mengikuti kegiatan pesantren kilat para siswa diharapkan mempunyai bekal ilmu pengetahuan agama, khususnya menyangkut hal-hal yang berkenaan dengan amalan ibadah yang dianjurkan pada bulan Ramadhan. Mereka juga dapat melaksanakan puasa (shaum) dengan benar sehingga tujuan daripada ibadah puasa adalah menjadi orang yang bertakwa dapat tercapai. Tidak semua orangtua memasukkan anaknya ke Sekolah pesantren, kegiatan ini merupakan kesempatan bagi anak-anak untuk belajar ilmu agama lebih dalam.

citra alam

Pesantren kilat merupakan suatu kegiatan positif yang dilakukan dalam rangka membentuk karakter islami pada para peserta. Melalui kegiatan pesantren kilat kita dapat membina akhlakul karimah diantara para peserta, serta memberikan pendidikan agama islam sejak dini kepada peserta khususnya anak-anak muda dengan membentengi akhlak dan moralnya agar tidak terpengaruh pada budaya global yang negatif. Rancangan kegiatan yang biasa dilakukan untuk mengisi pesantren kilat adalah sebagai berikut:

  1.   Tadarus Al Qur’an
  2.   Shalat dhuha, dzuhur dan ashar secara berjamaah
  3.   Lomba Azan
  4.   Lomba kaligrafi
  5.   Lomba membaca Al Qur’an
  6.   Ceramah agama islam

Namun, untuk memberikan suasana baru kita bisa mengajak siswa-siswi mengikuti pesantren kilat dengan konsep alam. Hal ini, tentunya sangat berbeda ketika dilakukan di Sekolah yang terbatas dengan ruang. Selain untuk mendekatkan diri pada Allah dan mengkaji ilmu agama namun siswa-siswi bisa lebih dekat dengan alam.

 citra alam

Dari segi kegiatan tentu sangat menarik karena tidak terpaku dengan materi pendidikan agama yang disampaikan di dalam ruangan namun juga melalui permainan-permainan seru yang mengajarkan tentang kerjasama, jujur, percaya diri, kerja keras dan lain sebagainya. Berikut fasilitas tersedia untuk mendukung kegiatan pesantren kilat di Citra Alam:

  1.   Tenda Camping
  2.   Games
  3.   Aula
  4.   Mushola
  5.   Ta`jil
  6.   Menu Berbuka Puasa
  7.   Menu Sahur

 

citra alam lakeside

Mau konsep indoor maupun outdoor tujuan dari kegiatan pesantren kilat tetap sama yaitu mendekatkan diri kepada Allah dengan mengkaji dan mengaji.



Untuk keterangan dan informasi lebih lanjut hubungi kami.


(021) 7310249 (021) 7321394


Atau tinggalkan kontak anda, kami akan menghubungi



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *