Masih ingat dengan permainan tradisional zaman dulu yang digandrungi oleh anak-anak? Permainan ini cukup populer pada masanya meskipun saat ini terkesan asing karena tergeser oleh budaya-budaya modern. Bakiak race adalah permainan tradisional yang pastinya sudah tidak asing lagi bagi kita semua apalagi kita yang tinggal di pedesaan pasti sudah tahu karena bakiak merupakan permainan yang biasa dimainkan sehari-hari.

Berjalannya waktu permainan bakiak race hanya dimainkan saat perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia saja oleh anak-anak, remaja maupun dewasa, permainan bakiak ini dimainkan secara berkelompok. Permainan bakiak race ini masih tetap seru dan asyik dimainkan, karena permainan ini juga menguji ketangkasan masing-masing individu dalam setiap kelompok dan kekompakan untuk memenangkan permainan.

games team building citra alam

Bakiak race ini juga pernah dimainkan oleh salah satu PT. Indoferro Cilegon-Banten dalam kegiatan Outbound & Team Building di Citra Alam Riverside, Cisarua, Bogor. Bakiak race juga sering dimainkan dalam kegiatan outbound karena permainan ini bertujuan untuk melatih kerjasama (teamwork), dan juga kepemimpinan (leadership).

Bakiak Race merupakan salah satu permainan outbound yang sangat menarik. Peserta yang tergabung dalam satu kelompok kecil berjumlah kira-kira 3-5 orang harus memakai sandal kayu yang panjang atau populer disebut bakiak dan bersaing dengan kelompok lainnya untuk lebih cepat mencapai garis finish. Tujuan dari permainan ini adalah untuk meningkatkan kekompakan dan kebersamaan dalam langkah, perasaan, tujuan dan harapan dalam menaklukan sebuah tantangan.

games team duilding citra alam

Peralatan

Peralatan yang dibutuhkan dalam permainan bakiak race ini relatif sederhana. Kita hanya menyediakan sebuah kayu berukuran sekitar 1,5 meter yang sudah dirapikan dan di atasnya diberikan pengait telapak kaki yang terbuat dari karet ban. Agar lebih menarik, alat tersebut bisa kita beri warna-warna yang cerah untuk lintasan dan titik finishnya bisa menggunakan tali rafia. Jangan lupa, karena permainan bakiak race merupakan jenis permainan kompetisi maka kita juga harus menyiapkan peralatan P3K terutama obat-obatan untuk luka luar.

Cara Bermain

Prosedur permainan ini hampir sama dengan jenis permainan kompetisi lainnya, yaitu ;

1. Fasilitator Outbound menyediakan bakiak untuk 2-4 kelompok yang akan bertanding, disesuaikan dengan jumlah peserta yang akan bertanding. Sebelum memulai permainan pastikan alat dan lahan kegiatan tersebut sudah aman, artinya sudah tidak ada potongan kayu yang tajam atau paku yang masih menonjol.

2. Apabila jumlah peserta terlalu banyak, bisa dilakukan rotasi dengan jenis permainan lainnya.

3. Tim atau kelompok yang paling cepat menyentuh garis finish tanpa melanggar aturan maka ditetapkan sebagai pemenang.

Mau tahu bagaimana keseruan games bakiak race? Lihat video berikut ini:



Untuk keterangan dan informasi lebih lanjut hubungi kami.


(021) 7310249 (021) 7321394


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *