16426093_1889644537947226_3678209511546811965_nBeberapa orang tua mungkin melarang putra-putrinya yang dibawah umur membantu memasak atau membuat kue. Alasannya, khawatir cedera terkena alat memasak yang panas atau tajam. Ada juga yang tidak ingin dapurnya menjadi berantakan dan repot membersihkannya. Padahal sebenarnya kegiatan masak-memasak ini bisa jadi sangat disenangi oleh anak-anak.  

Mengajarkan cara membuat hidangan bisa dilakukan sejak usia dini. Apalagi di usia tersebut biasanya anak-anak sedang berada pada tahap ingin mengetahui banyak hal. Tentunya kegiatan tersebut harus dalam pengawasan, sehingga tidak perlu lagi ada kekhawatiran mereka bisa cedera akibat peralatan memasak, atau dapur yang menjadi kotor dan berantakan.

Sekarang ini banyak arena bermain yang menawarkan kelas memasak atau cooking class untuk anak-anak. Cooking class bisa dilakukan di dalam ruangan maupun alam terbuka. Citra Alam memiliki kegiatan cooking class yang bisa digelar di tiga lokasi Citra Alam, yaitu: Riverside – Bogor, Lakeside – Ciputat, Seaside – Anyer.

Merupakan kesenangan tersendiri melakukan kegiatan masak-memasak di alam terbuka. Oleh karena itu tak heran jika banyak siswa sekolah mulai dari TK hingga SMA memilih Citra Alam untuk menggelar kegiatan cooking class.

Kegiatan ini akan menjawab rasa penasaran anak-anak tentang bagaimana membuat beragam makanan yang mereka sukai. Dengan peralatan lengkap dan bahan baku yang sudah disediakan di Citra Alam, anak-anak akan menikmati keseruan memasak bersama teman-teman.

Dalam kegiatan cooking class, setiap peserta akan mengikuti seluruh tahapan, mulai dari mempersiapkan bahan, proses pencampuran bahan hingga menjadi matang dan siap disantap. Menu masakan atau kue yang dipilih dalam kegiatan ini biasanya yang cara membuatnya mudah dan disukai anak-anak, seperti membuat burger.

Pada cooking class pembuatan burger, pertama-tama anak-anak akan belajar mempersiapkan bahan-bahan, yakni roti dan daging burger, tomat, selada, margarin beserta mayonaise dan saos. Bahan sayuran tentu saja sudah dicuci bersih terlebih dulu. Selanjutnya, mereka mengoleskan margarin secukupnya ke dalam roti.  Dengan arahan instruktur yang dibantu para guru dari sekolah yang berkegiatan, anak-anak kemudian diajak melihat proses mematangkan roti dan daging.

Setelah roti dan daging matang, tahap selanjutnya adalah memasukkan bahan-bahan lain ke dalam roti. Lembaran daging yang sudah matang disajikan dengan tomat dan selada, dengan tambahan mayonaise dan saos sesuai selera masing-masing. Pada seluruh proses ini, para siswa diharuskan menggunakan sarung tangan plastik, untuk menjaga agar bahan makanan tetap bersih. Setelah semua tahapan selesai, saatnya mencicipi burger buatan sendiri

16425825_1889644584613888_7276890618533547454_n

Ada banyak manfaat cooking class bagi anak-anak. Karena kegiatan ini biasanya dilakukan secara berkelompok, mereka akan dilatih untuk kreatif, saling berbagi dan bekerja sama. Belajar untuk lebih teliti dan sabar juga akan didapatkan dari aktivitas ini. Terlebih lagi,  cooking class merupakan kegiatan yang memang menyenangkan untuk dilakukan bersama teman-teman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *