Selalu ingin tahu terhadap segala sesuatu yang dilihat dan didengar merupakan sifat alami anak-anak. Setiap anak yang memiliki pertumbuhan yang baik pasti memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Dari situlah proses belajar dimulai, sebelum mereka memasuki usia sekolah. Untuk menjawab keingin-tahuannya,  salah satu yang dilakukan oleh seorang anak adalah bertanya. Melalui pertanyaan itulah dapat melatih mereka untuk menjadi anak yang percaya diri. Mengapa demikian?

Seorang peneliti dari Harvard University, Paul Harris dalam The Guardian mengatakan, pertanyaan yang dilontarkan anak terhadap sesuatu bisa jadi latihan yang membantu perkembangan karakter anak. Karena hal itu berarti mereka menyadari bahwa ada sesuatu yang tidak mereka ketahui dan mereka pun ingin mengetahuinya.

Rasa penasaran anak yang ditunjukkan melalui bertanya, dapat melatih skill kognitifnya menjadi lebih baik. Anak menjadi yakin dengan dirinya sendiri bahwa apa yang membuatnya penasaran adalah hal baik untuk diketahui. Ketika para orang tua mampu mengakomodasi keingintahuan mereka, maka disitulah timbul rasa percaya diri pada anak.

Anak-anak seringkali menjadi kurang percaya diri karena rasa penasarannya tidak mendapat respon yang baik dari orang-orang dewasa disekitarnya. Seperti misalnya mendapat jawaban “Kamu nggak perlu tahu,” atau “Ya pokoknya gitu.” Untuk itu penting bagi orang tua untuk mengetahui bagaimana menjawab pertanyaan anak agar mudah mereka pahami.

Melatih rasa percaya diri anak dapat meningkatkan kecerdasannya sebagai bekal untuk masa depannya kelak. Dengan memberikan rasa nyaman saat menyampaikan pertanyaan atau rasa keingin-tahuannya, akan mempermudah anak untuk beradaptasi saat berada di lingkungan sekolah. Ketika mereka harus dihadapkan dengan ilmu pengetahuan yang mengharuskan aktif bertanya, anak sudah memiliki keberanian untuk menyampaikannya. Semakin banyak memperoleh pengetahuan, sudah dipastikan anak akan semakin cerdas.

Ibarat lembaran kertas putih yang siap untuk diberikan warna atau tulisan tertentu, orang tua memiliki peran penting dalam mengisi tulisan atau warna indah pada hidup anak. Bekal percaya diri adalah salah satunya. Selama masih berada dalam arahan dan pengawasan yang tepat dari orang tua, rasa percaya diri anak akan memberi manfaat baik untuk meraih masa depan mereka yang gemilang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *