Dalam menjalankan pekerjaan, setiap individu atau team pasti memiliki target yang harus dicapai. Berhasil atau tidaknya pencapaian target akan terukur melalui evaluasi kerja. Pada evaluasi itu, akan lebih mudah diketahui bagaimana pekerjaan dapat tertangani, bagaimana kolaborasi dengan rekan kerja serta seberapa baik tenggat waktu bisa terpenuhi. Jika seringkali ditemukan keterlambatan  dalam menyelesaikan pekerjaan, maka evaluasi menjadi momen yang sangat penting. Dari evaluasi itu akan lebih mudah untuk meningkatkan produktivitas dan keterampilan organisasi.

Kegiatan outbound

Lalu bagaimana cara untuk meningkatkan produktivitas dan keterampilan organisasi, sehingga pekerjaan dapat terselesaikan dengan baik dan tepat waktu? Jawabannya di 6 poin berikut ini :

  1. Meningkatkan kedisiplinan.
  2. Penting untuk mendisiplinkan diri atau tim kerja agar target yang ditetapkan dapat terpenuhi. Jangan pernah membiarkan menunda tugas dan pekerjaan yang sudah ditargetkan.  Belajar lebih disiplin sangat diperlukan untuk mendorong tugas atau pekerjaan dapat lebih maju.

  3. Memaksimalkan penggunaan alat atau aplikasi yang bermanfaat.
  4. Apapun pekerjaannya, ada baiknya untuk mengikuti perkembangan teknologi. Tujuannya agar pekerjaan atau tugas yang dijalankan menjadi lebih mudah dan efisien dalam mengelola waktu untuk pengerjaannya. Gunakan alat atau aplikasi manajemen waktu untuk mempercepat selesainya pekerjaan dengan akurasi yang baik dan benar.

  5. Membuat prioritas tugas.
  6. Setiap daftar tugas atau pekerjaan yang akan dilakukan pasti memiliki tingkat prioritas masing-masing. Buatlah tingkat prioritas atas setiap tugas dan pekerjaan dengan memberikan label Rendah, Sedang dan Tinggi. Jangan pernah meremehkan tugas-tugas kecil yang bermanfaat seperti memeriksa email, merapikan dokumen, dan melakukan panggilan telepon untuk mendapatkan klien.

  7. Manfaatkan waktu kosong dengan baik.
  8. Ada saatnya dimana tidak disibukkan dengan banyak pekerjaan sehingga banyak waktu yang bisa dimanfaatkan untuk hal lain diluar pekerjaan. Manfaatkan waktu luang tersebut untuk hal yang bermanfaat seperti mengelola spreadsheet dan dokumen penting atau membalas email yang masih ada hubungannya dengan pekerjaan namun tidak membutuhkan respon cepat.

  9. Membuat program kerja setiap harinya.
  10. Saat tiba di kantor, pastikan sudah memiliki rencana kerja apa yang akan dilakukan. Jangan sampai sudah ada di meja kerja tetapi masih bingung akan mengerjakan apa. Tandanya tidak ada program yang jelas dalam alur kerja. Biasakan juga menutup hari dengan catatan kecil apa saja yang sudah dikerjakan. Hal itu diperlukan agar pekerjaan dapat terukur saat tiba waktu evaluasi.

  11. Fokus pada tujuan.
  12. ;

    Pentingnya untuk menjadi produktif dan terorganisir adalah untuk bisa memfasilitasi tujuan jangka panjang yang sudah ditetapkan. Menghabiskan waktu untuk menangani hal-hal kecil akan menghabiskan waktu efektif dalam bekerja, sehingga hal-hal besar dan penting untuk diselesaikan akan berpeluang terabaikan. Sasaran dan tujuan baik individu maupun seluruh tim juga penting untuk difokuskan kembali guna mendorong kemajuan perusahaan.

Program outbound

Bagi para manajer, keterampilan organisasi sangat diperlukan dalam memimpin sebuah perusahaan. Tujuannya tak lain adalah membantu kemajuan dan perkembangan perusahaan di masa depan. Mulailah membiasakan diri untuk melakukan satu hal terlebih dahulu, jika sudah dikuasai dengan baik, bisa dilanjutkan untuk melakukan hal yang lainnya. Selain menerapkan 6 langkah diatas, cara lain bisa juga dilakukan dengan meningkatkan keterampilan organisasi dengan mengikuti sebuah workshop, pelatihan atau pendidikan non formal lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *