Menggelar kegiatan rohani dalam suasana penuh keakraban dapat memberikan kesan yang berbeda. Terlebih jika dilakukan di alam terbuka dan diisi dengan berbagai kegiatan atau permainan yang menyenangkan. Bagi umat kristiani, kegiatan ibadah dapat berlangsung di alam terbuka yang biasa disebut ibadah padang atau kebaktian padang.

Kebaktian padang merupakan program kegiatan yang wajib ada dalam kegiatan sekolah minggu. Mengapa kebaktian padang menjadi program wajib?

Sama halnya dengan sekolah-sekolah pada umumnya, dimana kegiatan belajar tidak hanya dilakukan di dalam ruangan kelas, sekolah minggu pun demikian. Untuk mengatasi kejenuhan siswanya, kegiatan ibadah dilakukan di luar sekolah dan biasanya mengambil tempat di alam terbuka. Biasanya kebaktian padang digelar di taman gereja atau taman terdekat, hutan wisata, persawahan, kebun binatang, atau tempat-tempat lain yang bernuansa alam.

Dalam kegiatan kebaktian padang, anak-anak bisa merasakan rumput, embun, bulir padi, dinginnya air sungai, mengetahui bermacam-macam bentuk batu, panasnya matahari atau hembusan angin. Kesempatan untuk bisa merasakan semuanya secara langsung, bisa menjadi media untuk membawa anak melihat keagungan Tuhan.

Sebagai kegiatan ibadah outdoor yang digelar secara rutin, kebaktian padang juga sering dilakukan oleh komunitas umat kristiani baik yang berada dibawah gereja maupun komunitas atau organisasi yang dimiliki oleh lembaga atau instansi tertentu. Seperti yang pernah dilakukan organisasi Rohani Kristen RS Hermina yang menggelar acara kebaktian padang beserta kegiatan outbound. Keseruan kegiatan outbound tetap tidak mengganggu kekhidmatan ibadah yang memiliki sesi tersendiri di awal acara.

Acara kebaktian padang diyakini bisa menjadi sarana efektif untuk lebih mendekatkan diri kepada Sang Pencipta melalui berbagai aktivitas di alam terbuka. Dengan menggelar kegiatan di alam, setiap pesertanya akan belajar untuk mencintai dan menjaga kelestarian alam. Dalam ajaran umat kristiani, Tuhan Yesus juga lebih banyak melakukan pengajaran di alam terbuka sebagai bagian dari pelayananNya selama di dunia. Suasana khidmat yang dekat dengan Tuhan tidak harus selalu diperoleh saat beribadah di ruangan tertutup yang sepi, tenang dan dengan aturan-aturan tertentu, melainkan justru ada di udara terbuka dan tidak dengan aturan yang membatasi.



Untuk keterangan dan informasi lebih lanjut hubungi kami.


(021) 7310249 (021) 7321394


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *