Belajar sambil bersenang-senang? Bagaimana bisa? Bukankah belajar itu harus fokus dengan apa yang sedang dipelajari? Jangan salah, saat belajar pun anak-anak bisa sambil bermain. Jadi dengan sendirinya mereka bisa merasakan 2 manfaat yaitu belajar dan bersenang-senang. Namun seringkali orang tua terlalu sensitif sehingga memaksa anak untuk selalu serius dalam belajar, dan mengurangi waktu bermain. Padahal usia anak-anak masih belum bisa dipisahkan dari dunia bermain.

Lalu, bagaimana caranya anak-anak bisa belajar sambil bersenang- senang? Cobalah ajak  untuk berwisata sambil melakukan aktivitas fisik. Akan banyak wawasan baru yang bisa mereka temui disana. Dengan memperoleh wawasan itulah, anak akan mendapatkan pelajaran dari alam tanpa harus membaca buku. Tempat wisata yang banyak menawarkan kegiatan bermanfaat bagi anak adalah wisata edukasi seperti outbound, camping dan pelatihan seni budaya.

Di lokasi wisata edukasi, orang tua dapat memanfaatkan waktu  untuk melakukan permainan yang mendidik bersama anak. Outbound sebagai salah satu kegiatan yang dapat memberikan waktu bermain sekaligus belajar kepada anak, terdiri dari permainan simulasi  petualangan dan kerjasama tim dalam lingkungan yang alami. Sebagai proses belajar yang dapat melampaui batas-batas fisik, intelektual dan emosional, outbound dapat meningkatkan kemampuan anak untuk belajar dengan lebih baik dalam kondisi yang berbeda.

Ragam permainan dalam outbound seperti flying fox yang memiliki panjang lintasan 300 meter dengan ketinggian sekitar 15 meter. Setiap peserta dilengkapi dengan standar keamanan–full body harness agar peserta merasa aman dan nyaman selama permainan berlangsung. Selain flying fox, ada juga wahana mini highropes yang dapat melatih ketangkasan anak, serta rafting donat untuk mengajarkan keberanian dan menumbuhkan rasa percaya diri.

Untuk jenis permainan berkelompok, anak-anak juga bisa mengikuti sejumlah games yang seru dan menyenangkan. Setiap anak pasti sangat senang bermain bersama teman-temannya. Dalam fun games inilah anak akan dilatih bersosialisasi yang baik seperti berbagi dengan teman dan bekerja sama untuk menyelesaikan permainan. Saat bermain anak-anak bisa melatih imajinasi serta bebas mengekspresikan diri masing-masing dengan  mencoba berbagai pengalaman baru.

Meski dengan cara menyenangkan dengan berwisata, anak  bisa menemukan ilmu baru dengan menjalani praktek kegiatannya secara langsung. Disitulah mereka akan belajar lebih banyak dan tidak berada dalam kondisi yang mengharuskan untuk berkonsentrasi secara penuh. Manfaat yang akan diperoleh anak dari cara belajar tersebut dapat mereka rasakan, dan pastinya akan lebih efektif menjadi dasar pembelajaran bagi bekal kehidupan di masa depan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *