“Lebih baik mencegah daripada mengobati.” Kalimat tersebut sering digaungkan sebagai peringatan atau antisipasi dalam mencegah tubuh terserang penyakit. Langkah-langkah untuk mencegah penyakit juga bermacam-macam. Termasuk saat semua orang sedang merasa khawatir karena mulai merebaknya sebuah wabah penyakit yang baru-baru ini diumumkan secara resmi oleh pemerintah. 

Seperti diketahui, setelah sejumlah negara di dunia dikabarkan mengalami kondisi darurat virus corona, kini giliran Indonesia mendapati 2 warga negaranya yang terjangkit penyakit tersebut. Pastinya pemerintah sudah melakukan berbagai langkah antisipasi untuk melakukan pencegahan agar penyakit tidak menyebar. Namun sebagai warga negara yang baik, kita pun harus memiliki cara yang baik pula untuk ikut melakukan pencegahan. 

Hidup sehat berawaal dari makanan sehat

Tanpa adanya ancaman wabah penyakit berbahaya, menjaga kesehatan tubuh merupakan hal yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Misalnya dengan olahraga teratur, makan makanan bergizi, menjaga pola hidup yang baik, istirahat cukup, dll. Jika kebiasaan baik untuk menjaga kesehatan itu sudah menjadi rutinitas, maka tidak akan sulit untuk meningkatkan kewaspadaan ketika dibutuhkan. 

Himbauan Kemendikbud

Ada beberapa langkah pencegahan yang dikeluarkan pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam menyikapi situasi mewabahnya virus penyakit corona. Langkah-langkah tersebut adalah : 

1. Menghindari kontak dengan hewan

2. Rajin cuci tangan menggunakan sabun, termasuk sebelum makan

3. Gunakan masker bila batuk atau pilek

4. Konsumsi gizi seimbang seperti sayur dan buah

5. Rajin berolahraga dan istirahat cukup

6. Hindari mengonsumsi daging yang tidak dimasak

7. Jika batuk, pilek dan sesak napas, segera berobat ke fasilitas kesehatan terdekat

8. Konsumsi vitamin utnuk menjaga daya tahan tubuh

Salah satu cara tradisional untuk hidup sehat

Dengan mengetahui cara-cara yang baik untuk mencegah penyakit termasuk penyakit menular, akan memberikan rasa tenang dan menghindarkan diri dari kepanikan atas situasi yang ada. Sebab didalam tubuh yang sehat, pasti terdapat jiwa yang kuat. Mensana Incorpore Sano.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *