Kami Pramuka Indonesia

Manusia Pancasila

Satyaku Kudharmakan, Dharmaku Kubaktikan

Agar Jaya, Indonesia

Indonesia

Tanah Airku

Kami Jadi Pandumu

Bagi yang pernah mengikuti kegiatan Pramuka, tentu sudah tidak asing lagi dengan lyric lagu diatas.  Lagu tersebut dinyanyikan oleh hampir 500 siswa SLTA yang berpakaian Pramuka lengkap dengan atributnya, secara khidmat  di sebuah lapangan luas. Mereka sedang mengikuti Pelantikan Pramuka Penegak -P3 yang berlangsung di Citra Alam Riverside, Bogor. Berbagai kegiatan untuk pendidikan karakter dan penyaluran bakat siswa,  mengisi perkemahan yang berlangsung selama 2 hari 1 malam itu.

Kegiatan Pelantikan tingkat kepramukaan dari Penggalang ke Penegak ini diselenggarakan oleh SMA 8 Bekasi sebagai kegiatan rutin saat masuk ajaran baru.  Menurut Kepala Sekolah SMA 8, Dedi Suryadi, kegiatan ini rutin dilaksanakan 1 tahun sekali di awal tahun ajaran baru. “23 ekskul yang setiap ekskulnya sudah punya prestasi yang mengharumkan nama sekolah,” jelasnya.

P3 dan Latgab Ekskul ini diisi oleh berbagai kegiatan baik yang dilakukan seluruh peserta secara bersama-sama maupun per kelompok. Seluruh siswa peserta dengan penuh semangat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dari awal sampai akhir sebagai berikut :

1. Pembukaan P3 dan pelatgab, dimana seluruh siswa mengikuti upacara dengan berpakaian Pramuka lengkap dengan atributnya.

upacara penyematan tanda tingkat pramuka

2. Jelajah pos per pos  yang masing-masing memiliki materi tertentu serta tantangan yang harus dijalankan setiap peserta. Kegiatan ini diikuti para siswa dengan penuh semangat. “Disitu kita dilatih kerjasama dan solidaritasnya. Tanpa solidaritas kita bukanlah apa-apa”, ujar seorang siswa yang disambut dengan sorak teman-temannya.  

latih keberanian dan kekuatan fisik

3. Pentas seni ekstrakurikuler, sebagai ajang untuk menampilkan kemampuan dan bakat setiap siswa sesuai bidang masing-masing ekskul

malam demo ekskul

Siswa bernama Adi Kurniawan dan Ilham Dani mengatakan, acara demo ekskul seru, karena siswa bisa menunjukkan keahlian, kemampuan, dan bakat serta melatih mental. Mereka berharap acara rutin tersebut dapat semakin baik setiap tahunnya.

4. Api unggun yang diisi oleh berbagai hiburan dari para siswa sambil membentuk lingkaran di sekelilingnya

malam api unggun hiburan siswa

5. Senam pagi untuk mengawali hari ke-2 kegiatan dengan penuh semangat, dipandu para senior dan instruktur

senam pagi bersama

6. Arena berlumpur untuk menguji kekuatan fisik dan mental siswa

berendam dalam lumpur

Rangkaian kegiatan dalam P3 dan Latgab Ekskul bertujuan mendidik karakter siswa baru. “Agar mereka bekerjasama, gotong royong, solidaritas, mempunyai tata krama dan sopan santun terhadap kakak kelas dan guru”, kata Ketua Osis Daffa Salim.  Dengan terselenggaranya P3 dan Latgab Ekskul, diharapkan peserta bisa mendapatkan ilmu pengetahuan dan keterampilan untuk diimplementasikan di sekolah. Selain itu berbagai pendidikan karakter yang mereka dapatkan juga bisa diterapkan dalam kehidupan mereka sehari-hari, baik di rumah, sekolah maupun di lingkungan masyarakat.  

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *