Bermalam di alam terbuka bukanlah hal baru bagi pecinta alam. Menikmati malam sambil melihat gemerlap bintang, mendengar suara hewan dan kehidupan malam tentu menyenangkan. Masalahnya, hal yang menyenangkan ini akan berbeda bagi camping pemula suasana yang menyenangkan akan menjadi menakutkan. Nah, inilah saatnya anda harus mengubah mindset bahwa menginap di alam terbuka sama sekali tidak menakutkan tapi sangat menyenangkan apalagi bersama orang-orang terdekat.

Selain sebagai bentuk rasa syukur atas rahmat Tuhan Yang Maha Esa camping di alam terbuka untuk membangun pribadi yang mandiri, tidak bergantung pada orang lain, memiliki mental dan fisik yang kuat. Camping di alam terbuka berarti menjauhkan kita dari segala mewahnya fasilitas rumah. Tidur di tenda dan makan  seadanya karena di alam semua fasilitas sangat terbatas.

Malam hari akan lebih menyenangkan karena kita bisa melihat langsung bintang-bintang yang bertebaran di sudut langit. Dingin nya angin malam terasa menusuk ke dinding kulit. Namun, dibalik semua itu terdapat banyak manfaat untuk melatih diri menjadi pribadi lebih baik seperti berikut.

Mencetak jadi diri yang tangguh

citra alam riverside

Kecerdasan sera ketangguhan diri kita akan terbentuk karena kegiatan di alam bebas. Kita membutuhkan pengetahuan dan keterampilan tertentu, dan itu semua kita dapatkan dari teori dan praktik yang dilakukan tidak dengan setengah hati. Karena itu saat di alam terbuka kita dihadapkan oleh tekanan-tekanan  yang besar, jelas, nyata dan jauh dari peradaban, tidak akan ada penolong selain diri kita sendiri dan teman. Untuk itulah kita dilatih untuk jadi orang yang tangguh bukan sebagai pribadi untuk diri sendiri melainkan juga untuk tim dengan bekerja sama dengan baik agar acara camping berjalan sukses.

Mewujudkan sikap solidaritas yang tinggi dengan sesama

camping di citra alam seaside

Pada umumnya camping di alam terbuka selalu melibatkan beberapa teman-teman. Nah, dalam hal ini kita dituntut untuk kerja sama dan kompak. Tercipta-nya solidaritas akan mempermudah kegiatan camping bahkan meminimalkan risiko kecelakaan sesama anggota tim. Misalnya saat mendirikan tenda, memasak, mencari kayu bakar dan membuat api unggun harus melibatkan semua anggota tim.

Melatih Pribadi Mandiri dan tanggung jawab

Camping juga melatih  menjadi pribadi yang mandiri dan bertanggung jawab karena saat berkemah semua hal akan kita lakukan sendiri mulai dari mendirikan tenda, memasak, tanpa melibatkan orang lain selain teman satu tenda. Saat berada di alam terbuka kita harus tetap menjaga alam dengan baik. Misalnya, ketika camping makanan ringan pastinya tidak pernah lupa. Nah, setelah makan jangan lupa membuang sampah pada tempatnya atau kalau memang di lokasi tersebut tidak ada tempat pembuangan sampah lebih baik dibawa sampai menemukan tempat sampah. Hal ini adalah bentuk tanggung jawab kita terhadap alam karena tidak boleh meninggalkan sampah dimana saja terlebih saat di alam.

Camping bukan sekadar mencari kesenangan namun untuk meningkatkan pribadi yang tangguh, mandiri, dan tanggung jawab.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *