Siang hari yang cerah nan sejuk ketika rombongan siswa dan siswi berseragam pramuka memasuki area Citra Alam Riverside, Cilember, Bogor. Para siswa yang berjumlah ratusan orang itu langsung menuju ke lokasi camping ground untuk masuk ke tenda masing-masing yang sudah disediakan. Disana sudah terpasang lebih dari 100 tenda camping yang menjadi salah satu fasilitas utama penyelenggaraan kegiatan camping sebuah sekolah.

Begitu banyak tenda yang digunakan, dan persiapan pun sudah dilakukan sejak beberapa hari sebelumnya. Wajar saja karena kegiatan yang digelar kali ini merupakan camping peserta terbanyak, sepanjang lebih dari 9 tahun perjalanan Citra Alam memfasilitasi penyelenggaraan kegiatan di alam terbuka.

Pelaksanaan camping

Camping diselenggarakan oleh Yayasan Pendidikan Islam Al ‘Imaroh Cikarang Barat, Bekasi yang mengikutsertakan lebih dari 800 siswa dari seluruh jenjang pendidikan baik MI, SDIT, MTS, SMPIT dan MA. Kegiatan perkemahan pendidikan tersebut berlangsung selama 3 hari 2 malam yakni pada 12 – 14 Januari 2018.

Kegiatan yang mengikutsertakan seluruh peserta didik di sekolah tersebut memang sudah menjadi rutinitas setiap tahunnya. Menurut Wiwin (marketing Citra Alam), yayasan Al Imarah pernah menyampaikan bahwa tujuan dari perkemahan adalah untuk menarik minat siswa agar melanjutkan sekolah ke setiap jenjangnya di yayasan tersebut.

Setelah para siswa sudah mendapatkan tendanya, acara langsung diisi dengan sholat jum’at berjemaah, karena hari pertama kegiatan adalah hari jum’at. Selanjutnya dilakukan berbagai kegiatan dari sekolah, tanpa membedakan jenjang pendidikan para siswa. Sementara makan bersama dilakukan di tenda masing-masing, dimana panitia membagikan makanan sesuai dengan kelompok atau per tenda. Selama 2 malam setelah sholat isya berjemaah, dilakukan lomba menghafal Al Qur’an. Di pagi hari setelah subuh berjemaah, para siswa olahraga bersama. Untuk acara bebas, siswa diberikan keleluasaan mengikuti berbagai wahana permainan di Citra Alam Riverside, seperti flying fox dan arung jeram. Seluruh siswa sangat antusias mengikuti setiap kegiatan yang bertajuk perkemahan pendidikan ini.

Persiapan fasilitas untuk mendukung kegiatan

Memfasilitas kegiatan camping peserta terbanyak dengan jumlah hampir mencapai 1000 orang memang meninggalkan kesan luar biasa, meski persiapannya tidak mudah. Hal yang paling penting untuk kegiatan besar tersebut adalah penyediaan konsumsi bagi peserta. Karena kegiatannya adalah camping 3 hari 2 malam, makanan yang dipersiapkan adalah untuk 6 kali makan. Dengan penyajian box sesuai pilihan customer, maka jumlah yang digunakan sebanyak 6 ribu box. Diperbantukan juga tenaga freelance untuk membantu team catering memasak dan mengemas hidangan.

Selain itu dilakukan juga pembenahan berbagai sarana dan fasilitas, seperti aula, penambahan lapangan untuk sholat berjemaah dan kegiatan dari sekolah, serta pengadaan tenaga free lance dalam team sarana yang membatu selama 24 jam nonstop. Tiga aula yang ada di Citra Alam Riverside, digunakan semua oleh rombongan antara lain untuk bersantai serta sebagai tempat aktifitas siswa belajar menghafal Al Quran, sebelum acara lomba dimulai. Selama kegiatan perkemahan berlangsung, lokasi Citra Alam Riverside juga steril dari rombongan lain.  

Seluruh rangkaian acara perkemahan pendidikan Yayasan Pendidikan Islam Al ‘Imaroh Cikarang Barat, Bekasi berjalan dengan baik dan lancar. “Belum lengkap rasanya kalau sekolah belum menggelar acara camping/outing di Citra Alam,” kata salah seorang guru ketika ditanya mengenai kesannya menggelar kegiatan tersebut. Bagi Citra Alam, kegiatan camping peserta terbanyak yang berlangsung dengan baik dan lancar ini mencatatkan prestasi tersendiri di bidang wisata edukasi. 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *