Sebagai makhluk hidup terutama sebagai manusia yang harus terus beraktivitas dan berkarya. Menjalankan aktivitas yang monoton seringkali menimbulkan rasa bosan dan jenuh bahkan semakin lama semakin meningkat. Bagaimana tidak jika rutinitas sehari-hari dimulai dari bangun tidur, sarapan kemudian berangkat kerja, lalu seharian bekerja di kantor, dan berakhir pulang ke rumah dengan rasa 5L (letih, lelah, lesu, lunglai, dan lemah). Bahkan sekadar berkumpul dengan keluarga saja anda tidak sempat karena rasa capek dan kantuk yang tidak bisa ditahan. Saat anda berada dalam lika-liku aktivitas kehidupan sehari-hari yang membuat diri anda merasa stres atau bosan dengan aktivitas anda. Cobalah lakukan beberapa perubahan yang bisa membuat hidup anda lebih bahagia. Anda bisa melakukan aktivitas sebagai berikut.

  • Olah raga

Sebagai pekerja yang selalu aktif dalam ruangan pastinya anda membutuhkan energi fisik maupun mental dan dituntut selalu aktif, energik, dan juga segar. Maka, dari itu minimal dalam satu minggu sekali anda harus menyempatkan diri untuk berolahraga sejenak dan meninggalkan semua aktivitas demi mencari penyegaran diri dari pikiran suntuk dan rasa jenuh. Ketika anda bangun di pagi hari yang awalnya males-malesan dan enggan beranjak dari tempat tidur. Dorong diri anda untuk segera bangun dan mencoba keluar rumah mencari udara segar, yang masih terasa aroma embun dan semerbak wangi bunga. Mulai lah dengan olahraga sederhana seperti lari-lari kecil di sekitar rumah lakukan hal ini sampai rasa jenuh anda hilang.  Hal ini dapat membuat pikiran dan tubuh anda segar kembali saat beraktivitas.

  • Tertawa

Saat berada dalam ruangan pastinya anda di tuntut untuk selalu bersikap serius dan fokus dalam segala hal bahkan untuk tertawa saja rasanya sulit untuk anda lakukan. Tahukah anda bahwa dengan hal kecil ini bisa mengurangi rasa bosan saat bekerja. Tertawa merupakan hal yang sepele bahkan semua orang pasti bisa melakukannya sekalipun disengaja atau spontan. Namun, perlu anda ketahui bahwa tertawa mempunyai banyak manfaat dari segi kesehatan maupun psikologis. Dengan tertawa anda bisa menurunkan tekanan darah, stres, dan meningkatkan sistem imun dalam tubuh. Jika anda termasuk orang yang sulit untuk tertawa, anda bisa melakukan dengan berbagai cara misalnya dengan menonton acara televisi saat ada film komedi atau pada saat acara stand up comedy. Anda juga bisa berkumpul dengan teman atau keluarga dan bercerita tentang pengalaman lucu dari masing-masing individu. Dengan begitu perasaan anda menjadi jauh lebih baik dari sebelumnya. Tapi jangan ketawa yang berlebihan ya? Terlebih jika anda hanya seorang diri. Nanti malah bukan stresnya yang berkurang tapi dikira anda malah jadi makin stres hehehe.

  • Liburan

Saat dalam keadaan jenuh, stres, bosan dengan semua aktivitas yang anda kerjakan. Coba istirahatlah sejenak untuk temukan ide bagaimana anda bisa keluar dari zona tersebut. Ketika anda dalam keadaan tenang maka semua ide pasti keluar dengan sendirinya. Liburan merupakan salah satu cara ampuh yang bisa anda lakukan saat anda dalam keadaan stres. Alam adalah obat yang paling mujarab karena alam memberi kenyamanan tersendiri bagi anda dan tentunya memiliki manfaat bagi anda. Saat anda melakukan aktivitas liburan ternyata memegang peranan sangat penting bagi timbulnya efek positif di dalam diri seseorang. Sebab pada saat liburan tentunya anda akan merasakan senang, gembira, semangat atau memiliki motivasi dan lain-lain. Aktivitas liburan juga akan menambah wawasan dan memperkaya diri anda dengan berbagai pengetahuan dan tentunya anda bisa mengkreasikan ide-ide baru dalam berbagai hal positif.

  • Salurkan Hobi

Setiap orang pastinya mempunyai hobi sendiri-sendiri. Saat anda merasa jenuh, bosan, atau stres coba salurkan semua kejenuhan melalui hobi anda. Entah itu menulis, menyanyi, membaca, memasak, travelling, atau olahraga lakukan hal ini setiap saat meskipun dalam hitungan menit. Dengan menyalurkan hobi rasa jenuh anda akan berangsur hilang.

  • Kuliner

Aktivitas satu ini paling digemari dan dicari banyak orang setiap saat. Kuliner merupakan salah satu cara untuk mengusir kejenuhan saat anda meninggalkan semua aktivitas dengan menikmati uang dan waktu anda. Selain itu, anda juga memiliki kepuasan tersendiri dengan wisata kuliner. Semua rasa bosan, jenuh, dan stres juga jadi hilang tanpa terasa saat anda mulai mencicipi berbagai macam kuliner. Tidak ada salahnya jika anda mencoba berbagai macam kuliner yang baru, selain menambah wawasan dan pengalaman bisa menambah daftar referensi kuliner anda sekaligus bisa dipraktikan di rumah. Namun, anda juga harus memperhatikan kebersihan dari kuliner yang anda cipipi demi kesehatan anda.

Anda bisa mencoba melakukan 5 cara di atas untuk mengusir rasa bosan karena aktivitas anda sehari-hari yang begitu padat. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.



Untuk keterangan dan informasi lebih lanjut hubungi kami.


Leave a Reply

Your email address will not be published.