Negara Indonesia merupakan miniatur dunia yang memiliki beragam kultur dan adat istiadat yang mencerminkan kekayaan budaya dalam masyarakat Indonesia mulai dari rumah adat, tarian adat, upacara adat, bahasa daerah, lagu daerah, pakaian serta ciri khas tersendiri lainnya yang mewakili daerah-daerah dari seluruh Nusantara. Negara Indonesia  memiliki banyak keanekaragaman mulai dari suku, budaya, bahasa, maupun agama. 

Sebagai bangsa dan negara yang majemuk harusnya kita terus belajar untuk hidup secara berdampingan dan menjalin hubungan baik dengan sesama manusia. Karena tidak bisa dipungkiri bahwa kita adalah makhluk sosial yang selalu membutuhkan bantuan maupun pertolongan dari orang lain. 

Tuhan menciptakan segala sesuatu dengan beraneka ragam. Namun, dibalik semua perbedaan yang ada setiap manusia mempunyai hak yang sama. Sama-sama ingin merdeka, sama-sama ingin dihormati, dihargai, sama-sama ingin diperlakukan secara adil, dan sama-sama ingin dilindungi. 

Berbeda tidak berarti harus berpisah, berbeda tidak berarti tidak dapat bersatu, bahwa berbeda harus kita sikapi dalam konteks gotong-royong. Upaya ini harus kita tujukan demi mencapai tujuan bersama dalam ruang kebersamaan bernama Indonesia. Dasar berpikir seperti inilah yang kemudian menjadikan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan Tanah Air Nusantara ini: berbeda-beda tetap satu jua.

Tentu bisa dipastikan bahwa hampir seluruh warga masyarakat paham akan makna semboyan tersebut. Hanya saja, maraknya tindak kekerasan atas nama golongan tertentu menimbulkan intimidasi yang berujung diskriminasi. Oleh sebab itu, perlunya kita sebagai penerus bangsa harus bisa lebih memahami tentang sejarah negara Indonesia, ini lah salah satu bentuk realisasi mencintai tanah air dan memotivasi para penerus bangsa untuk membangun bangsa Indonesia lebih maju dan menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan sehingga kemakmuran dapat dicapai dan penerus bangsa lebih menghargai arti kemerdekaan bangsa ini secara utuh dan menghargai jasa-jasa para pahlawan dalam merebut kemerdekaan.

Banyak cara agar kita bisa saling menghargai keragaman suku bangsa dan budaya, diantaranya ikut memelihara, melestarikan, dan mengembangkan tradisi serta budaya yang ada dalam masyarakat, tidak merendahkan adat istiadat lain, dan menghormati segala bentuk tradisi dari daerah lain. Mari sama-sama kita bangun keutuhan bangsa dengan memahami segala perbedaan pada setiap individu serta bertoleransi antar agama dan budaya. Karena bersatu dalam keberagaman membuat kita jauh lebih kuat sesuai dengan semboyan Indonesia Bhinneka Tunggal Ika.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *