Mereka sudah terbiasa memotivasi banyak orang. Melalui beragam permainan dengan membawa suasana menjadi lebih menyenangkan, mereka banyak mengajarkan orang lain untuk menjadi lebih baik. Tapi bukan berarti mereka sudah tidak lagi membutuhkan belajar dan memotivasi diri.

Melalui kegiatan Training for Trainer, para instruktur di Citra Alam Seaside mengikuti rangkaian sesi untuk meningkatkan kualitas mereka dalam memfasilitasi setiap kegiatan. Di suatu siang yang terik namun tetap membawa hawa segar pantai menyusup ke dalam ruang aula utama, tampak seorang trainer sedang berbicara dengan beberapa rekan-rekan sesama trainer.

sharing pengetahuan para trainer outbound citra alamPembicaraan berlangsung serius namun tetap dalam suasana santai. Seluruh trainer saling berbagi cerita dan pengetahuan tentang pengalaman mereka memandu peserta di setiap permainan dalam kegiatan outbound.

“Melalui sebuah pipa, kita semua sedang diingatkan untuk melengkapi 1 dengan lainnya. Tidak bisa dipaksakan seseorang diluar batas kemampuannya. Perbedaan juga harus dapat diterima,” jelas trainer tersebut yang merupakan Leader Team Trainer Citra Alam Seaside, Anyer. Trainer bernama Riskon itu sedang menjelaskan makna dari salah satu jenis permainan team building pipa bocor atau dragon ball, yang sering dimainkan peserta outbound.

permainan pipa bocor atau dragon ball di tepi pantai

Selanjutnya Riskon menjabarkan manfaat dari permainan baru dalam ice breaking yang bernama tarian satwa yang mengajarkan totalitas dalam setiap pekerjaan. “Selama kita masih bisa mengerahkan kemampuan kita dan waktu kita. Ajarkan kebaikan dalam totalitas itu untuk keberhasilan bersama. Itulah pentingnya sebuah proses agar memberikan hasil yang baik,” tambahnya.

Dalam kesempatan pembelajaran para trainer Citra Alam Seaside, pihak manajemen juga memberlakukan standart untuk meningkatkan kualitas skill dan pelayanan kepada peserta. Standart itu berlaku baik bagi peserta dari segmentasi sekolah maupun non sekolah.

Standart tersebut adalah :  

  1. Keterampilan presentasi
  2. Bagaimana mengembangkan energi, menghidupkan suasana
  3. Bagaimana kemampuan tim outbound untuk hadapi peserta dalam situasi sulit. Misal saat peserta ada yang tidak memperhatikan atau sibuk sendiri
  4. Bagaimana kemampuan tim outbound untuk mendesain materi pelatihan
  5. Memilih metode pelatihan yang tepat

koordinasi crew seaside dengan manajemen citra alam

Untuk mendukung peran para trainer agar bisa lebih baik lagi, perlu terus menumbuhkan semangat belajar. Bukan saja mempelajari materi kegiatan yang mengedukasi tetapi juga pemberian pelayanan kepada customer. Selain itu dibutuhkan persatuan, kerjasama dan semangat Pancasila untuk membangun soliditas tim agar makin kuat, sehingga materi yang disampaikan dapat membawa manfaat bagi setiap peserta kegiatan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *