Dengan pemandangan pegunungan, sungai, serta perkebunan teh, kawasan Puncak Bogor selalu jadi tujuan bagi para wisatawan lokal maupun asing. Terlebih dengan hawa bersih dan sejuk bebas polusi, karena terletak jauh dari keramaian kota, menjadikan kawasan tersebut sebagai destinasi liburan. Wisatawan menjadikan puncak sebagai tempat untuk menggelar wisata alam, outbound, kuliner, dan camping

Citra Alam Riverside yang ada di Desa Jogjogan, Cilember, Puncak Bogor juga jadi salah satu tujuan utama untuk kegiatan wisata edukasi. Mengusung konsep edukasi dengan berbagai macam permainan fisik, ketangkasan dan team building, para pengunjung dapat menggelar kegiatan seperti outbound, camping, dan gathering. Selain itu, ragam pelatihan seni budaya juga bisa digelar di area yang luas.

Seperti namanya, Riverside, area Citra Alam ini memiliki keindahan alam pegunungan yang dibelah oleh sungai yang mengalir jernih. Sungai ini bisa langsung dijumpai saat memasuki area Citra Alam Riverside dengan pemandangan gunung salak yang indah di kejauhan. Diatas sungai terdapat jembatan gantung yang terbuat dari kayu, dengan sling baja sangat kuat. Meski bergoyang saat dilewati, namun jembatan ini tetap kokoh dan aman. Itulah sebabnya mengapa lokasi Citra Alam yang terletak di Cilember, Cisarua menjadi daya tarik tersendiri, bahkan menjadi favorit untuk bertamasya.

Selain suasana dan panorama, banyaknya jenis kegiatan outing yang bisa digelar jadi alasan lainnya untuk pengunjung memilih Citra Alam Riverside. Mulai dari camping hingga kegiatan outbound yang lengkap dan menantang; seperti flying fox, arung jeram, elvis walker, dan banyak permainan team building. Belum lagi fasilitas yang memadai menjadikannya sebagai tempat rekreasi edukasi terlengkap di wilayah Bogor.

Hampir semua wahana di Citra Alam Riverside, bisa dimainkan oleh semua kalangan dari berbagi usia. Mulai dari anak-anak, remaja hingga orang dewasa. Untuk anak-anak tersedia kolam renang yang luas, permainan berkuda, dan wahana tangkap ikan.

Wahana-wahana utama di Citra Alam Riverside adalah :

  1. Wahana Flying Fox

Meluncur dengan sling baja di ketinggian 15 meter dan panjang yang mencapai 300 meter. Apalagi jika flying fox dilakukan di tengah pemandangan pegunungan yang meninggalkan kesan berbeda pengunjung. Dengan standar keamanan-full  body harnes, membuat setiap peserta lebih aman dan nyaman saat melintasi sungai, sampai mendarat mulus di tempat yang sudah disediakan.

2. Wahana Arung Jeram

Wahana ini menjadi ciri tersendiri bagi Citra Alam Riverside, dan paling banyak menarik minat pengunjung. Dengan menggunakan ban donat khusus, para peserta dapat merasakan sensasi berputar dan mengalir mengikuti arus sungai yang deras diantara bebatuan. Meski jarak lintasan tidak terlalu jauh, namun tetap ada sensasi tersendiri dalam wahana arung jeram ini.

3. Wahana HighRopes

Siapa yang tidak teruji mental dan nyalinya, ketika harus berjalan menyeberangi sungai diatas seutas tali pada ketinggian tertentu. Permainan ini akan menjadi tantangan nyali yang bisa melatih fokus dan keberanian seseorang. Tentunya dengan peralatan dan standar keamanan yang memadai.

Ada beberapa urutan dalam permainan ini.  Pertama, peserta terlebih dulu harus melintasi jaring yang menyerupai sarang  laba-laba bernama spider web dari bawah sampai keatas tempat berlangsungnya permainan highropes. Selanjutnya pada ketinggian sekitar 15 meter, peserta akan melewati 2 macam jalan seperti jembatan goyang, dengan tangan kanan dan kiri berpegangan. Memasuki bagian tersulit, peserta harus bergerak maju melewati atau meloncati lempeng-lempeng besi. Di bagian ini peserta sangat beresiko terjatuh dan berupaya untuk naik kembali ke atas lempeng besi tersebut. Apabila sudah berhasil melaluinya, peserta akan melakukan flying fox, meluncur menuju spider web untuk selanjutnya kembali ke bawah.

Setiap tahapan dalam permainan highropes selalu dipandu dan didampingi instruktur berpengalaman dengan menggunakan peralatan dan standar keamanan yang memadai. Konsentrasi  dan keberanian tiap pesertanya  benar-benar dilatih pada permainan ini.

4. Elvis Walker

Serupa dengan permainan highropes yang menguji nyali peserta pada ketinggian tertentu, permainan elvis walker juga memberikan tantangan tersendiri. Peserta diharuskan  meniti seutas tali diatas sungai yang mengalir deras.

Selain sejumlah permainan untuk kemampuan fisik dan keberanian yang menjadi favorit pengunjung Citra Alam Riverside, ada juga pelatihan seni dan budaya yang tak kalah menariknya. Menggelar pelatihan seni budaya di tengah keindahan alam pegunungan, akan menjadi pengalaman menyenangkan. Apalagi jika banyak nilai pendidikan yang bisa diperoleh para peserta.  Pelatihan  mengenai  lingkungan  dan  seni budaya di Citra Alam Lakeside, sebagai berikut :

  1. Pelatihan Agro 

Kegiatan ini tidak ada di 2 unit Citra Alam lainnya, karena seluruh kegiatan dalam pelatihan Agro membutuhkan area persawahan dan perkebunan, yang hanya dimiliki Citra Alam Riverside.  Pelatihan ini menjadi wahana favorit pengunjung, khususnya anak-anak usia TK. Dalam pelatihan Agro anak-anak akan banyak mengenal hal baru mengenai lingkungan, serta apa saja potensi alam yang biasa mereka konsumsi sehari-hari. Pelatihan agro sendiri meliputi agro sawah, agro apotek hidup, agro sayur dan agro buah-buahan.

2. Pelatihan Seni Budaya

Untuk memperkenalkan seni budaya bangsa kepada anak-anak, agar kelak mereka tetap dapat melestarikannya. Pelatihan seni budaya terdiri dari : 

  • Pelatihan Wayang
  • Pelatihan Keramik
  • Pelatihan Membatik
  • Pelatihan Angklung

Seluruh kegiatan di Citra Alam Riverside didukung oleh peralatan lengkap dan keamanan yang baik, serta instruktur berpengalaman di bidangnya. Sehingga, para pengunjung dapat mengikuti kegiatan dengan terarah, tenang, dan nyaman. Berbagai fasilitas yang lengkap dan memadai juga dimiliki Citra Alam Riverside, seperti :

1. Aula yang luas sehingga bisa menjadi tempat untuk melaksanakan kegiatan dengan nyaman dan leluasa

2.  Keamanan yang selalu siap selama 24 jam

3. Kantin yang menyediakan berbagai makanan khas Citra Alam Riverside dan makanan kecil lainnya dengan harga terjangkau

4. Mushola sebagai tempat beribadah yang luas dan nyaman bagi pengunjung

5. Toilet bersih yang jumlahnya banyak sehingga para pengunjung tidak perlu antri untuk menggunakannya

6. Fasilitas Wi-Fi gratis untuk menunjang kebutuhan internet para pengunjung.

7. Fasilitas penginapan yang memadai dan nyaman, baik berupa tenda camping, villa tenda, serta room.

Menggelar kegiatan di Citra Alam Riverside akan memiliki kesan berbeda, karena banyaknya kegiatan bermanfaat yang bisa diikuti, sambil menikmati indahnya panorama dan suasana  pegunungan. Kegiatan apapun yang digelar disini akan semakin seru dan menyenangkan, terlebih jika dinikmati bersama teman, keluarga maupun kerabat.

One thought on “Belajar Sambil Menikmati Pesona Panorama Pegunungan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *