Bagi pecinta alam, alam menjadi tujuan utama saat liburan. Berkunjung ke lokasi  alam yang masih terjaga atau asri terasa ada yang kurang kalau tidak menginap. Berkemah adalah kegiatan unik dan mengasyikkan untuk menikmati liburan. Dengan kemah kita akan merasakan sensasi kebersamaan yang lebih erat dan hangat bersama keluarga atau teman-teman. Menikmati malam bersama orang-orang tercinta dengan ceria, gembira, dan penuh keakraban adalah hal yang paling menyenangkan.

Usahakan saat kemah semua orang bisa menikmati alam, sementara jauhkan diri dari gadget supaya bisa merasakan sensasi keindahan alamnya. Kemah adalah salah satu cara untuk menumbuhkan jiwa kepemimpinan dan belajar tentang kemandirian. Namun tetap saja banyak yang harus diperhatikan saat berada di alam  salah satunya bagaimana cara bertahan hidup di alam bebas? Berikut beberapa cara bertahan hidup di alam bebas:

1. Mendirikan tenda

mendirikan tenda di citra alam

Langkah awal yang harus dilakukan untuk bertahan hidup adalah mendirikan tenda. Sebelum memasang tenda sebaiknya cek terlebih dahulu tanah dan sekitar area untuk mendirikan tenda. Pilihlah lokasi tanah yang relatif datar karena selain memudahkan dalam mendirikan tenda tapi tanah yang datar juga nyaman saat digunakan untuk tidur. Kemudian persiapkan semua peralatan untuk memasang tenda. Setelah tenda sudah berdiri segera kumpulkan semua peralatan kemah kemudian masukan semua tas-tas dan peralatan ke dalam tenda kecuali barang yang tidak perlu di masukan dalam tenda. Seperti peralatan masak, sepatu, sebaiknya dibuatkan tempat di luar tenda saja supaya lebih nyaman.

2. Pembuatan tungku

pembuatan tungku di citra alamSetelah mendirikan tenda dan merapikan berbagai peralatan kemah, kegiatan selanjutnya adalah pembuatan tungku. Dalam pembuatan tungku gunakan batu yang benar-benar kuat supaya bisa menahan beban berat saat memasak sekaligus carilah kayu bakar secukupnya. Usahakan dalam kegiatan kemah semua peserta ikut terlibat dalam kegiatan, jika sebagian peserta membuat tungku sebagian lainnya bisa menyiapkan bahan atau sayuran untuk dimasak.

Masak lah secukupnya sekali pun di alam bebas jangan sampai ada yang kelaparan. Masak makanan hingga benar-benar matang dan rebus air sampai mendidih supaya tetap bisa memakan makanan yang sehat.

3. Mencari sumber air

Meski pun di alam bebas kebersihan harus tetap kita jaga seperti mandi dan minum air yang bersih. Namanya juga di alam bebas semua serba terbatas seperti bekal makanan dan lain-lainnya. Jangan sampai anda kehabisan air minum apalagi makanan karena dengan minum dan makan energi tetap terjaga. Setiap alam pasti memiliki sumber air jika air minum sudah habis segera cari mata air yang benar-benar bersih atau sungai lalu bawa ke lokasi perkemahan kemudian masak hingga mendidih.

4. Membuat api unggun

api unggun di citra alam

Saat malam hari moment yang ditunggu-tunggu adalah pendirian api unggun. Selain untuk menghangatkan badan api unggun bisa dimanfaatkan untuk mengusir hewan buas dan juga bisa untuk bakar singkong sebagai makanan saat kumpul dengan teman. Singkong merupakan makanan tradisional, singkong mengandung cukup tinggi kalori dan sumber energi yang baik dan banyak manfaat bagi kesehatan. Meski hanya sederhana tapi nikmatnya kebersamaan itulah yang paling berkesan.

4 aktivitas di atas bisa anda coba saat berada di alam bebas untuk bertahan hidup.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *