Mencoba sesuatu yang baru apalagi sebuah permainan, selalu menjadi pengalaman yang menyenangkan. Tidak hanya anak-anak yang selalu merasa penasaran akan hal yang baru, orang dewasa bahkan yang lebih tua sekalipun juga memiliki perasaan sama. Apalagi jika permainan tersebut mendatangkan banyak manfaat seperti membentuk karakter dan kepribadian serta membangun kerjasama atau komunikasi dengan orang lain.

Seperti permainan dengan menggunakan media air yang masih digemari berbagai kalangan baik anak-anak, remaja maupun dewasa. Meski menggunakan media air di alam terbuka, namun tingkat kesulitan dan tantangan bisa berbeda-beda yang disesuaikan dengan kelompok usia. Permainan arung jeram termasuk dalam jenis permainan menantang bahkan sering dianggap sebagai salah satu jenis olahraga.

Pemanasan Sebelum Arung Jeram

Arung jeram dikenal sebagai aktivitas yang mengarungi sungai berjeram dengan arus cukup deras. Alat yang digunakan adalah perahu karet, kayak, kano serta dayung sebagai pengayuh. Kegiatan yang biasanya dilakukan berkelompok serta mengandalkan kekompakan tim ini memiliki banyak manfaat sebagai olahraga, rekreasi, petualangan maupun edukasi. Dengan berbagai rintangan dan hambatan di sepanjang aliran sungai, menjadikan arung jeram sebagai permainan yang penuh dengan resiko. Oleh karena itu  setiap peserta yang mengikutinya harus memiliki kondisi fisik dan mental yang baik, memahami teknis kegiatan serta mampu membaca medan secara kognitif, agar mampu menyelesaikannya dengan baik.

Permainan arung jeram biasanya mengambil lokasi  di sungai berbatu dengan arus yang deras. Setiap peserta harus dilengkapi dengan alat keselamatan memadai seperti baju pelampung, helm dan bisa mengenakan alas kaki atau tidak.  Sebelum turun ke sungai dan melintasi jalur yang sudah ditentukan, para peserta harus mengikuti briefing terlebih dahulu dari instruktur. Briefing dimaksudkan agar peserta bisa memahami medan lintasan, serta mengetahui apa saja yang boleh maupun tidak boleh dilakukan saat mengarungi sungai.

Jika lintasannya panjang, arung jeram dilakukan secara beregu dengan menggunakan perahu karet. Sementara pada lintasan pendek digunakan ban dalam yang hanya digunakan oleh satu peserta (biasa disebut dengan Rafting Donut).

Arung Jeram Beregu
Rafting Donat

Dengan dipandu oleh instruktur berpengalaman, peserta arung jeram (rafting) akan selalu merasa aman saat melintasi sungai. Kerjasama yang baik juga sangat diperlukan dalam permainan ini, baik antar peserta, maupun peserta dengan instruktur. Peserta wajib mematuhi setiap instruksi yang diberikan, demi keamanan dan keselamatan selama berlangsungnya kegiatan tersebut.

Manfaat yang bisa diperoleh dari kegiatan arung jeram adalah :

  • Membantu pembakaran kalori tubuh: Rafters harus mempertahankan periode mendayung yang panjang pada arus deras yang cepat mengalir untuk memastikan navigasi yang tepat dan untuk mencegah rakit terbalik. Aktifitas tersebut bisa jadi sangat melelahkan dan membantu pembakaran kalori pada tubuh anda.
  • Melatih kekuatan otot tubuh: Dengan menggunakan tubuh bagian atas Anda, Anda mendayung dengan cepat dan dengan giat melewati sungai. Gerakan mendayung mengencangkan lengan, punggung, dan bahu Anda, dan seiring arus arus sungai semakin cepat dan resistansi air meningkat, demikian juga kekuatan otot Anda membaik seperti Anda terus berjuang menghadapi tantangan sungai
  • Outdoord / Udara segar: Berada di luar rumah adalah cara bagi Anda untuk menyerap sinar matahari dan tidak menghirup udara segar. Sebenarnya, penelitian menunjukkan bahwa berolahraga di luar rumah lebih bermanfaat bagi kesehatan mental daripada aktivitas di dalam ruangan.
  • Pengalaman petualangan: Petualangan itu bagus untuk pikiran karena ini memberi Anda perspektif baru tentang eksplorasi
  • Merelaksasi pikiran: adrenalin memungkinkan anda untuk fokus hanya pada kegembiraan — lebih daripada rasa lelah fisik aktifitas arung jeram. Dan memang biasanya, lokasi arung jeram punya pemandangan yang asri.
  • Menghilangkan stressKetenangan suasana alam memungkinkan Anda untuk rileks. Anda pun juga bisa meninggalkan semua kekhawatiran Anda, terutama ketika sungai sedang bergerak lamban.
  • Meningkatkan solidaritas: Tanpa gangguan modern seperti pekerjaan atau teknologi, keluarga akhirnya dapat memiliki waktu untuk terlibat dalam percakapan sambil mengatasi tantangan.

  • Bangun rasa percaya diri: Bergantung pada sulitnya sungai, mungkin tampak mengintimidasi pada awalnya, tapi begitu Anda menyelesaikannya, perasaan pencapaian terasa berjalan cepat di pembuluh darah Anda dan memberi Anda kepercayaan diri untuk mengatasi banyak tantangan lainnya.

Dengan mencoba hal baru seperti permainan arung jeram ini, fisik dan mental seseorang akan tertempa melalui berbagai tantangan yang harus dihadapi. Dengan demikian akan terbangun fisik dan mental yang kuat sekaligus mendapatkan pengalaman  berkesan dan menyenangkan. Siapa berani mencobanya atau anda bisa berbagi pengalaman seru arung jeram anda lewat komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *