Teknologi pengambilan foto yang sudah maju dan mudah, semakin memungkinkan bagi seseorang untuk berfoto kapanpun dan dimana saja. Kebanyakan berfoto khususnya selfie dilakukan ketika sedang berwisata, berjalan-jalan, berbelanja, makan di restoran, atau saat melakukan aktivitas unik yang dianggap bisa mengundang rasa penasaran atau komentar orang lain. Lalu bagaimana caranya agar foto selfie lebih menarik? 

Foto selfie tentu saja berbeda dengan foto-foto untuk event tertentu yang membutuhkan seorang fotografer profesional atau setidaknya tingkat kemahiran tertentu dalam pengambilan gambar. Meski tidak memerlukan keahlian khusus, namun tetap saja penting untuk mengetahui teknik pengambilan foto selfie yang menarik, agar hasilnya lebih bagus.

Ada beberapa faktor yang dapat memperindah hasil foto selfie, 3 diantaranya adalah :

  1. Pencahayaan yang baik

Sumber cahaya yang baik merupakan faktor terpenting untuk pengambilan foto apapun. Mengambil foto selfie di dalam ruangan yang remang-remang atau minim pencahayaan tidak akan menghasilkan foto sesuai yang anda inginkan. Begitu juga jika cahaya berasal dari lampu neon yang menyilaukan. Sumber pencahayaan ideal untuk pengambilan foto adalah di dekat jendela atau di luar ruangan. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam pencahayaan antara lain :

  • Sinar matahari atau sumber cahaya lain di hadapan anda sebaiknya sedikit diatas garis mata untuk mendapatkan hasil foto yang baik. Dengan begitu, cahaya akan menerangi dan melembutkan tampilan wajah. Jika cahaya jatuh di bagian sisi atau belakang, wajah anda akan terlihat gelap.
  • Dapat menggunakan tirai tipis untuk membaurkan cahaya, sehingga akan memberikan kesan tampilan yang lebih halus dan lembut pada garis wajah.

  • Cahaya alami akan menonjolkan warna lebih tepat daripada cahaya buatan. Jika anda tidak memiliki pencahayaan terbaik, dapat digunakan cahaya buatan untuk mengurangi bayangan.
  • Jangan gunakan cahaya blitz dari kamera yang justru akan membuat dahi anda tampak mengkilap dan mungkin membuat bola mata menjadi merah pada foto yang dihasilkan.

 

Contoh Foto Selfie berlatar belakang alam – dok.Irma Senja’s Blogger
  1. Perhatikan Latar Belakang Foto Anda

Ketahuilah bahwa foto selfie yang terbaik memiliki lebih dari hanya sekedar wajah karena ada beberapa hal menarik yang dapat dilihat di bagian latar obyek foto. Selalu posisikan diri anda agar berada di depan latar yang anda inginkan untuk orang lain lihat.

  • Alam selalu menjadi latar foto yang luar biasa dan favorit bagi penyuka dunia fotografi. Meski hanya sebagai latar untuk berfoto namun usahakan agar anda tetap fokus dalam pengambilannya. Misalnya ketika berfoto dengan latar pohon yang dipenuhi bunga, aturlah posisi anda agar wajah anda tetap terlihat dengan latar yang diinginkan.
  • Latar di dalam ruangan bisa menjadi obyek yang dapat memperindah hasil foto selfie anda. Asalkan kondisi ruangan tertata dengan baik dan rapi, atau anda bisa meletakkan sesuatu yang menarik sebagai latar di dalam ruangan tersebut. Contohnya, jika anda suka membaca, rak buku atau setumpuk buku akan menjadi latar yang bagus.
  1. Menjaga posisi dari gangguan atau hal-hal yang berbahaya.

Saat sedang berfoto selfie, sebaiknya anda juga  cermat dengan kondisi di sekitar. Baik dari suasana latar maupun pengganggu yang disengaja ataupun tidak. Apabila anda sedang berada di taman bunga, jaga posisi yang tidak merusak tanaman. Kelestarian lingkungan harus tetap menjadi hal terpenting untuk diperhatikan, ketika melakukan aktivitas apapun di alam terbuka.

Begitu juga dengan pengganggu latar yang disengaja atau tidak. Misalnya, seorang teman yang sengaja menjahili anda selama berfoto selfie, atau seekor binatang yang tiba-tiba melintas di belakang anda.

Meski demikian, terkadang para pengganggu justru dapat membuat foto selfie anda menarik.  Seperti ketika ada seorang anak kecil yang sedang melongok memperhatikan, jika disandingkan dengan wajah anda yang sedang serius berselfie akan membuat foto menjadi lebih natural. Untuk itu penting bagi anda agar tidak terburu-buru menghapus hasil foto yang tidak sesuai dengan keinginan, karena bisa saja terselip hal unik dalam beberapa kali pengambilan foto.

Tempat-tempat berbahaya juga harus dihindari dalam mengambil foto selfie. Misalnya berfoto selfie saat sedang melakukan aktivitas di ketinggian. Banyak kasus foto selfie ekstrim berujung pada kecelakaan yang memakan korban.

Meskipun dalam berfoto selfie yang menjadi fokus utama adalah wajah anda, tetapi tak ada peraturan yang mengharuskan anda hanya berfoto sendirian. Mengajak beberapa teman dan keluarga akan lebih menyenangkan dan bisa menghasilkan foto yang indah dan menarik. Apalagi jika anda merasa malu untuk mengambil foto diri sendiri di hadapan umum. Semakin banyak orang didalam foto tersebut akan semakin menarik foto itu untuk dibagikan. Foto hasil bidikan anda pun akan disukai banyak orang.



Untuk keterangan dan informasi lebih lanjut hubungi kami.


Leave a Reply

Your email address will not be published.