Ketika jaman mengalami banyak perubahan, maka perilaku manusia yang mempengaruhi tiap sisi kehidupan juga mengalami perubahan. Seyogyanya tahun berganti tahun, zaman pun terus mengalami kemajuan yang memungkinkan terjadinya pergeseran pola kreativitas seseorang. Di bidang seni dan budaya, pola kreativitas dapat menentukan perkembangan suatu negara. Banyak ditemukan bahwa kreativitas dalam seni budaya sudah hampir luntur seiring dengan kemajuan teknologi. Contohnya generasi muda di Indonesia yang kini lebih tertarik dengan trend budaya barat atau negara lain di asia, ketimbang berkreasi seni budaya daerah negeri sendiri. 

Agar seni budaya bangsa dapat tetap lestari dan bisa menjadi kebanggaan di mata dunia maka penting untuk menyeimbangkan perkembangan kemajuan zaman dengan pola kreativitas. Teknologi canggih yang sudah digunakan masyarakat di hampir seluruh lapisan, harus digunakan untuk ikut memajukan kebudayaan di negeri sendiri. Misalnya mengikuti kegiatan kreasi dan kreativitas seni budaya untuk mengurangi ketergantungan dari gadget. Terlebih saat ini masalah ketergantungan gadget sudah banyak ditemukan pada anak-anak mulai usia balita. 

Menggelar berbagai kegiatan berkreasi dan berkreativitas di alam terbuka dapat menjadi salah satu cara untuk memulainya. Dengan mengajak keluarga, kerabat dan teman, kegiatan akan terasa lebih berkesan dan menyenangkan. 

Kegiatan pelatihan berkreasi dengan tanah liat, pelatihan membatik, serta pelatihan membuat miniatur wayang dapat membuka imajinasi dan mengembangkan kreativitas, sekaligus melestarikan seni dan budaya bangsa. Guratan gambar motif dan warna yang tertuang diatas kain atau karton serta keterampilan tangan membentuk tanah liat dengan berbagai kreasi akan menghasilkan sebuah karya yang indah. Disinilah peran kemajuan teknologi menjadi penting salah satunya dalam membantu penyebarluasan informasi mengenai hasil karya tersebut. Dari hasil penyebarluasan informasi tersebut tidak tertutup kemungkinan akan ikut menggugah kesadaran masyarakat tentang pentingnya pengembangan kreativitas yang dapat memajukan seni budaya bangsa. 

Untuk memperkecil dampak kemajuan teknologi dalam perkembangan zaman dibutuhkan berbagai cara-cara kreatif di berbagai segi kehidupan, tak terkecuali bidang seni dan budaya. Tanpa mengenal batasan usia, siapapun dapat merasakan asyiknya berkreasi di alam terbuka melalui berbagai  kegiatan pelatihan seni dan budaya.  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *