Liburan panjang akhir tahun merupakan momen yang dinanti-nantikan setiap tahunnya. Sebab saat liburan panjang seluruh anggota keluarga dapat berkumpul menikmati kebersamaan setelah disibukkan oleh aktivitas rutin bekerja maupun sekolah. Mengisi waktu liburan panjang biasanya hanya melibatkan keluarga atau orang-orang terdekat saja dan bisa dilakukan dengan berbagai cara. Misalnya melakukan traveling antar kota, provinsi atau bahkan negara, mengunjungi tempat-tempat wisata di dalam kota, atau hanya menghabiskannya dengan berbagai aktivitas seru di rumah dan lingkungan sekitar tempat tinggal. Apabila anda dan keluarga memilih untuk berlibur ke tempat wisata baik menginap beberapa hari ataupun tidak, sudah pasti membutuhkan persiapan yang baik, agar liburan menjadi berkesan dan menyenangkan.

Sebelum pergi berlibur, penting juga untuk memperhatikan beberapa hal yang berkaitan dengan pemenuhan segala kebutuhan selama liburan. Sebab anda akan berada pada situasi berbeda dengan saat berada di rumah yang segala sesuatunya sudah tersedia. Lalu apa saja yang harus dipersiapkan untuk pergi berlibur?  

  1. Alat transportasi.

Sebagai sarana paling penting untuk liburan anda, maka perlu dilakukan persiapan yang baik yang tentunya disesuaikan dengan tempat tujuan berlibur. Jika berlibur di luar kota yang jaraknya masih bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi, pastikan kendaraan anda dalam kondisi prima. Tetapi apabila harus menggunakan alat transportasi umum antar kota atau antar provinsi, anda harus memastikan tiket dan berbagai dokumen untuk reservasinya sudah dipersiapkan 1 hari sebelum keberangkatan.

2. Pakaian ganti secukupnya.

Bawalah baju ganti yang disesuaikan dengan lamanya bepergian menginap 2 hari atau lebih. Bahkan apabila anda dan keluarga hanya bepergian 1 hari, perlu diantisipasi juga berbagai aktivitas yang bisa membuat baju menjadi kotor, sehingga tetap diperlukan membawa pakaian ganti. tetap diperlukan. Sesuaikan juga jenis baju yang dibawa dengan lokasi yang akan dikunjungi. Misalnya pakaian yang dibawa untuk berlibur di  daerah pegunungan tentu akan berbeda dengan berlibur di daerah pantai. Lengkapi baju ganti bawaan anda dengan sepatu atau sandal ganti.

3. Perbekalan makanan dan minuman.

Apakah anda lebih memilih membawa perbekalan dari rumah atau membelinya di lokasi berlibur agar tidak merepotkan?  Masing-masing pilihan punya kekurangan dan kelebihan. Jika membawa perbekalan dari rumah, sudah pasti akan menghemat pengeluaran anda meskipun merepotkan. Sementara apabila anda memilih untuk membeli makanan dan minuman di tempat liburan memang tidak merepotkan, tetapi perlu menyiapkan dana lebih apalagi biasanya harga akan lebih mahal.

4. Obat-obatan khusus.

Untuk mengantisipasi kemungkinan terjadi gangguan kesehatan ringan di tengah perjalanan atau saat berada di tempat tujuan liburan, bawalah obat-obatan yang sudah biasa dikonsumsi/pakai . Sertakan juga obat-obatan mencegah mabuk selama perjalanan serta untuk mengobati luka yang memiliki kemasan mudah dibawa saat bepergian.  

5. Penunjuk arah.

Biasanya berupa peta, kompas atau aplikasi GPS yang terpasang dalam alat komunikasi mobile anda. Penunjuk arah diperlukan jika liburan berupa diisi dengan kegiatan hiking atau  lokasi yang belum pernah dikunjungi.

6. Alat komunikasi.

Telepon genggam saat ini sudah menjadi alat komunikasi wajib bagi semua orang. Kemana dan kapanpun anda pergi ponsel pasti selalu menyertai termasuk saat pergi berlibur. Jangan lupa juga untuk membawa peralatan pengisi  baterainya baik charger atau power bank. Pastikan juga aplikasi galeri dalam ponsel anda tersedia cukup ruang untuk menyimpan foto-foto kegiatan liburan anda, sehingga ketika sudah berada di lokasi, anda tidak sedikitpun melewatkan momen yang berkesan untuk diabadikan.

7. Uang secukupnya.

Usahakan sebelum melakukan liburan ke suatu tempat, anda merencanakan kegiatannya terlebih dahulu untuk memperkirakan berapa budget yang dibutuhkan. Termasuk jika didalamnya terdapat rencana berbelanja oleh-oleh atau cenderamata saat pulang dari liburan. Membawa uang yang cukup akan bermanfaat bila terjadi hal-hal tak terduga, sekaligus menghindari dari pengeluaran yang tidak perlu.

Ketujuh hal yang harus dipersiapkan sebelum pergi berlibur diatas merupakan prioritas banyak orang ketika merencanakan liburan ke suatu tempat. Jika semuanya sudah dipersiapkan, anda dan keluarga hanya tinggal mempersiapkan kondisi fisik yang sehat. Usahakan juga tidak terlalu banyak melakukan kegiatan yang membuat badan menjadi lelah saat berlibur, agar anda bisa tetap bugar ketika harus menjalani aktivitas rutin kembali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *