Cahaya kehidupan merupakan salah satu permainan team building dalam kegiatan outbound. Permainan ini sangat seru dimainkan bersama tim di lapangan yang cukup luas dan para instruktur juga terlibat didalamnya. Cahaya kehidupan menggunakan peralatan yang cukup sederhana yaitu lilin, obor, dan sejumlah kantong plastik berisi air.

Permainan dimulai saat instruktur memberikan komando untuk menyalakan lilin dari obor yang berada di garis start.  Selanjutnya lilin harus dibawa ke garis finish yang berjarak sekitar 200 meter. Perjalanan ke garis finish bukan tanpa hambatan. Para instruktur melemparkan kantong plastik berisi air ke arah rombongan peserta yang sedang membawa lilin. Belum lagi ditambah hembusan angin yang juga bisa membuat lilin tiba-tiba padam.

Games time building Cahaya kehidupan

Berbagai upaya harus dilakukan peserta untuk menjaga agar lilin tetap menyala. Ada yang menutupnya dengan baju, mengerumuni lilin agar tidak terkena percikan air, dsb. Apabila lilin mati ditengah jalan, maka peserta harus kembali lagi ke garis start untuk menyalakannya kembali.  Disitulah akan teruji kesabaran, kekompakan dan kerjasama tim membawa lilin tetap menyala sampai garis finish. Setelah lilin sampai di garis finish dalam kondisi tetap menyala, selanjutnya api dalam lilin tersebut diletakkan dalam obor yang menandakan tim telah berhasil. Dengan strategi yang baik serta sikap pantang menyerah, akan mempermudah tim untuk menyelesaikan tantangan. 

Dalam permainan ini terdapat dua kelompok yaitu kelompok yang bertugas membawa dan menjaga api serta menyalakan obor, serta kelompok pemadam api. Fokus, kerjasama dan komunikasi sangat dibutuhkan dalam permainan cahaya kehidupan ini. Tujuan dari permainan team building cahaya kehidupan adalah bersatu, bekerja sama, dan saling melindungi.

Games team building cahaya kehidupan

Permainan cahaya kehidupan mengandung filosofi tersendiri. Api merupakan simbol dari sebuah visi misi, amanah serta cita-cita bersama dalam sebuah kelompok, team, perusahaan, organisasi dll. Oleh karena itu api harus dijaga agar tetap menyala oleh setiap peserta yang berada dalam satu kesatuan dengan memegang peran dan tanggung jawab masing-masing. Kerja sama team dan komunikasi yang baik menjadi kunci keberhasilan untuk mencapai cita-cita tersebut.  Dengan semangat kebersamaan saling bahu membahu mengambil peran serta tanggung jawab untuk mewujudkan visi misi bersama.

Ingin tahu bagaimana keseruan permainan team building cahaya kehidupan langsung? Simak videonya berikut ini :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *