Liburan lebaran kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Meski bagi karyawan yang bekerja di instansi pemerintah atau perusahaan swasta, masa liburan lebaran sudah usai, namun para siswa sekolah justru akan memulai liburan kenaikan kelas. Oleh karena itu penting untuk memanfaatkan masa liburan lebaran dan sekolah yang bersamaan ini agar lebih berkualitas. Apalagi  saat  liburan  sekolah,  anak-anak akan lebih banyak memiliki waktu luang yang terbebas dari rutinitas belajar. Berikut ini 5 cara agar liburan keluarga lebih efektif :

1. Matikan gadget saat liburan

Ajaklah seluruh anggota keluarga untuk mematikan gadget saat liburan. Jika tidak memungkinkan dilakukan sepanjang hari, buatlah jadwal di jam-jam tertentu untuk tidak menggunakan gadget. Dengan mematikan gadget, anda dan keluarga dapat lebih fokus menikmati kebersamaan dan waktu liburan pun akan menjadi berkualitas.

2. Buat rencana kegiatan yang jelas  

Membuat rencana kegiatan sangatlah penting agar anda dan keluarga dapat menikmati liburan dengan baik. Anda bisa melibatkan seluruh anggota keluarga untuk membuat rencana tersebut. Rencana disusun secara jelas dan mendetail yang berisi waktu, hari, serta kegiatan apa saja yang akan dilakukan. Jika waktu liburan akan diisi dengan bepergian ke tempat wisata, buatlah juga anggarannya supaya tidak membebani keuangan keluarga.

foto liburan keluarga

3. Sediakan handphone khusus keluarga

Cara ini bisa dilakukan bagi anda yang sudah memiliki agenda untuk berlibur di luar rumah seperti mengunjungi tempat wisata di dalam maupun luar kota. Smartphone khusus dapat bermanfaat untuk mengabadikan momen-momen indah bersama keluarga. Jika anda ingin menshare momen tersebut ke dalam akun sosial media pribadi, sebaiknya tahan keinginan tersebut sampai setelah perjalanan. Tujuannya agar anda tidak lagi disibukkan dengan bermacam respon dari postingan tersebut, sehingga mengurangi waktu berkualitas bersama keluarga. Smartphone khusus keluarga ini disarankan hanya dimiliki seorang anggota keluarga saja.

4. Cermat memilih tempat wisata

Ada banyak sekali tempat wisata baik di dalam maupun luar kota. Biasanya tempat wisata selalu ramai pengunjung saat liburan panjang. Agar liburan bersama keluarga dapat efektif dan berkualitas, pilihlah tempat wisata yang tidak ramai pengunjung namun tetap menarik untuk dikunjungi. Tujuannya adalah agar rekreasi tidak terlalu melelahkan serta dapat merelaksasi tubuh dan pikiran anda bersama keluarga. Selain itu hubungan antar anggota keluarga juga akan semakin harmonis.

menonton televisi dengan keluarga

5. Lakukan hobi bersama

Apabila anda tidak memiliki rencana untuk bepergian dalam mengisi liburan, tetap gunakanlah waktu yang efektif bersama keluarga. Misalnya dengan melakukan sejumlah hobi yang bermanfaat seperti memasak, membuat kue, berkebun, memancing, dll. Bahkan hobi menonton film bersama juga bisa menjadi kegiatan yang tidak hanya menghibur, tetapi juga bermanfaat karena anda bisa lebih banyak berkomunikasi dan bercengkrama dengan keluarga.

camping mengisi liburan

Masa liburan adalah waktu dimana kita dapat menjauh sejenak dari kesibukan dan rutinitas sehari-hari. Dengan berlibur, badan dan pikiran akan segar kembali sekaligus dapat menjaga keharmonisan hubungan dengan keluarga maupun orang-orang terdekat.

Meski masa liburan kali ini sudah hampir berakhir namun setidaknya tips diatas dapat diterapkan pada liburan anda selanjutnya. Sebab setidaknya dalam 1 tahun ada beberapa masa liburan panjang yang sudah teragendakan dalam kalender, yakni liburan lebaran, liburan sekolah, dan liburan akhir tahun. Belum lagi ditambah libur hari-hari besar nasional yang waktunya berdekatan dengan weekend, yang banyak disebut sebagai long weekend.

Selamat menikmati liburan bersama keluarga…..

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *