Siang itu cuaca cukup bersahabat saat rombongan kami tiba di area parkir Citra Alam Riverside, di Cisarua Bogor. Matahari bersinar cerah dan hembusan udara pegunungan terasa begitu sejuk. Jarak dari pelataran parkir ke tempat kegiatan tidak terlalu jauh. Beberapa dari kami menggunakan fasilitas mobil jemputan Citra Alam untuk menuju lokasi. Sementara saya dan putri saya lebih memilih berjalan kaki, sambil menikmati hawa sejuk yang menyelimuti tempat itu. Pemandangan gunung berkabut inilah yang menyambut kedatangan kami di Citra Alam Riverside, Cisarua, Bogor, tempat digelarnya acara perpisahan sekolah hari ini.

Acara perpisahan sekolah siswa dan siswi kelas 6 SDN Sudimara 7 Ciledug, Kota Tangerang ini diisi dengan pelepasan siswa dan beragam acara seru dan menarik. Anggota rombongan pun mulai banyak berdatangan dan tidak menyia-nyiakan panorama indah itu.

Sambil menunggu berkumpulnya seluruh rombongan, para siswa, guru maupun orang tua, asyik berfoto-foto.

Foto berlatar pemandangan alam

Dengan latar belakangan pemandangan pegunungan itu pula, siswa siswi tiap-tiap kelas mengabadikan momen terakhir kebersamaan dengan guru wali kelas masing-masing.

Setelah semua berkumpul, kami menuju aula, dengan melewati jembatan gantung yang dibawahnya terdapat sungai bebatuan. Karena sudah jam 11 siang, acara pun akan dimulai. Di aula besar berbentuk saung yang mampu menampung sekitar 150 anggota rombongan itu, pihak panitia sekolah dibantu kru Citra Alam, segera melakukan persiapan. Sebelum acara,  kami mendapatkan welcome drink dari Citra Alam berupa jagung  dan pisang rebus serta teh manis panas. Hidangan  yang cukup mengenyangkan, dengan penyajian praktis, pas untuk suasana pegunungan.

Selama sekitar 2 jam, acara pelepasan berlangsung meriah dan penuh haru, dengan digelarnya pementasan drama musikal dari seluruh siswa kelas 6. Pada bagian akhir, seluruh siswa dan para guru berfoto bersama. Mereka menikmati indahnya kebersamaan, sebelum kemudian berpisah, untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Sekitar pukul 1 siang, kami makan bersama. Citra Alam menyajikan hidangan makan siang secara prasmanan untuk para guru dan orang tua siswa. Sementara  hidangan bagi siswa, dikemas satu per satu dalam box. Lauk pauk yang dihidangkan adalah sayur asem, tahu dan ayam goreng, sambel terasi beserta lalapan. Menu yang sangat cocok untuk suasana sejuk dan penuh keakraban saat itu.

Usai makan siang baik siswa, guru dan orang tua melakukan ibadah sholat di mushola yang letaknya tidak jauh dari aula. Jumlah kran air yang banyak, tidak membuat mereka harus antri lama, untuk berwudhu. Fasilitas Mushola juga sangat memadai dan nyaman bagi pengunjung.

Setelah semuanya selesai menjalankan ibadah, acara dilanjutkan dengan sejumlah fun games. Fun games merupakan rangkaian permainan berkelompok yang ada dalam kegiatan outbound sekolah.  Seluruh siswa berkumpul di lapangan yang letaknya tepat di depan mushola, untuk permainan Ice Breaking atau pemanasan. Ada  5 orang instruktur yang memandu kegiatan itu. Selama 30 menit, sekitar hampir 100 siswa dilatih untuk berkonsentrasi dan menjaga kekompakan, saat diminta mengikuti setiap instruksi yang diberikan.

ice breaking 1

Fun Games yang dimainkan adalah menara air, dragon ball, buldozer, kapal pecah, mencari bola mas, serta tarik tambang lumpur. Para instruktur membagi peserta menjadi beberapa kelompok. Masing-masing permainan dilakukan dengan cara bergantian antar kelompok dan para siswa pun terlihat antusias mengikutinya.

Dalam permainan menara air, setiap kelompok diminta untuk tidur diatas pasir dengan menyatukan kedua kaki yang diangkat lurus keatas, membentuk satu titik. Diatas kaki mereka diletakkan sebuah ember besar. Setelah ember diisi air dan sejumlah bola oleh instruktur, para peserta harus mengambil kembali bolanya satu persatu dengan tangan. Saat bola sudah habis, ember harus dibawa kembali kebawah tanpa tumpah.

fun games menara air 2

Permainan ini melatih konsentrasi, kekompakan dan kerjasama tim untuk mempertahankan kekuatan kaki mereka. Hampir semua kelompok gagal mempertahankan air tetap penuh saat berupaya menurunkan ember kembali. Meski harus rela baju menjadi basah terkena tumpahan air, mereka pun tetap antusias dan menikmati permainan.

Setelah bermain menara air, fun games selanjutnya adalah mencari bola mas. Beberapa anak dalam setiap kelompok ditutup matanya untuk mengambil bola dengan warna tertentu di dalam arena. Sementara teman-teman lainnya mengarahkan letak bola yang akan diambil.

Selama permainan outbound yang mengisi acara perpisahan sekolah, instruktur Citra Alam dengan tegas  mampu mengarahkan anak-anak agar bermain sportif. Permainan ini berguna untuk memupuk rasa saling percaya terhadap teman, serta kerjasama tim yang baik.

Selain fun games, masih banyak lagi permainan menantang yang akan mereka ikuti.

Cerita bersambung ke bagian 2.

Artikel ini merupakan bagian pertama dari cerita Acara Perpisahan Sekolah di Citra Alam yang ditulis oleh Diniarini — karyawan kantor pusat Citra Alam yang juga orang tua murid dari siswi kelas 6, Sekolah Sudimara 7 Ciledug, Kota Tangerang.

Baca bagian kedua disini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *