Area camping citra alam lakeside

Seperti diketahui camping adalah kegiatan bermalam di alam terbuka dengan menggunakan fasilitas seadanya yang bertujuan untuk melatih kemandirian. Sedangkan kreativitas merupakan suatu kemampuan untuk mencipta, atau daya cipta. Ada hubungan yang menarik antara camping dan kreativitas. Bisakah keduanya saling berkaitan? Tentu saja bisa.

Lalu apakah keterkaitan antara camping dan kreativitas akan menghasilkan kegiatan camping yang seru dan menyenangkan? Jawabannya sama, tentu bisa.

Sebagai kegiatan di alam terbuka yang bertujuan untuk melatih kemandirian, camping memiliki banyak sekali manfaat. Salah satunya adalah mengasah kreativitas para pesertanya. Misalnya peserta akan diajak mencari bagaimana caranya bertahan hidup selama beberapa hari bermalam di alam terbuka. Jika camping dilakukan di tengah hutan dengan persediaan makanan yang minim, setiap peserta akan tertantang untuk mencari bahan makanan lalu memasaknya hingga layak dikonsumsi. Caranya tentu saja sangat sederhana dengan memanfaatkan apa yang ada disekitar tempat berkemah. Kondisi itulah yang membutuhkan kreativitas.

Menuangkan kreativitas saat berkemah bisa mulai dilakukan saat mempersiapkannya. Dihimpun dari hipwee.com, berikut ini 9 ide kreatifnya  :

bekal makanan praktis untuk camping

  1. Bawalah beras sebagai salah satu bahan makanan. Masukkan beras ke dalam toples kaca dan tutup rapat. Bahan makanan pokok  ini akan bertahan lama tanpa khawatir dapat berjamur. Cara memasaknya juga mudah, cukup dengan menanaknya di dalam panci. 
  2. Kemas bumbu-bumbu yang dibutuhkan seperti garam, gula, lada, dan bubuk cabai di dalam kontainer mungil bekas permen.
  3. Bahan makanan lain seperti buah-buahan hendaknya yang praktis dibawa seperti pisang. Jangan lupa membawa bahan pelengkapnya seperti choco cips dan keju, untuk menambahkan rasa pisang saat menyantapnya. Caranya, kupas kulit pisang dan belah ditengahnya, lalu taburi choco cips atau keju. Selain bergizi, bahan makanan ini pun cukup mengenyangkan.
  4. Olesi sepatu dengan lilin parafin agar tali simpulnya tidak mudah lepas. Tentu akan mengganggu sekali jika ditengah perjalanan selama kegiatan camping, tali sepatu berkali-kali terlepas ikatannya.hilangkan bau wc umum dengan kopi
  5. Menyiasati sol sepatu dengan menempel potongan karpet, agar sepatu tidak licin saat berjalan di atas tanah yang basah.
  6. Selalu membawa kopi bubuk untuk menaburkannya di toilet umum, guna menghilangkan bau tak sedap
  7. Sediakan selalu kantong plastik ukuran jumbo untuk menyimpan kantong tidur supaya tetap kering
  8. Simpan abu kayu bekas api unggun karena dapat berguna untuk menghilangkan lemak pada piring kotor sehingga mudah dicuci 
  9. Sisipkan sebatang kayu diantara tali dan cincin-cincin tenda agar tenda tetap berdiri tegak

suasana camping pramuka citra alam riverside

Berbagai kreativitas memanfaatkan sejumlah barang untuk persiapan maupun selama camping akan menambah keseruan dalam kegiatan tersebut. Hal terpenting dalam berkemah yang juga harus diperhatikan adalah menjaga kebersihan serta kelestarian di sekitar lokasi camping. Sebab alam akan memberikan manfaat yang terbaik jika manusia tetap memeliharanya.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *