Setiap manusia dikaruniai tubuh, jiwa, akal dan pikiran dari Tuhan Yang Maha Esa untuk menjalani kehidupannya di dunia. Atas karunia tersebut maka sudah menjadi kewajiban manusia senantiasa menjaganya. Banyak cara bisa dilakukan untuk menjaga imunitas tubuh. Tujuannya agar tubuh terhindar dari penyakit dan gangguan kesehatan lainnya. 

ilustrasi imunitas tubuh

Berikut ini tips sederhana menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh :

1. Mengonsumsi makanan sehat

Penelitian menunjukkan, orang yang banyak mengonsumsi kedua jenis makanan tersebut, cenderung tidak mudah sakit. Hal ini karena vitamin dan mineral yang terkandung dalam sayur dan buah mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh dalam melawan virus dan bakteri penyebab penyakit.

makanan bergizi jaga kesehatan tubuh

2. Cukupi istirahat

Kurang tidur dapat menurunkan imunitas tubuh. Penting untuk mencukupi kebutuhan tidur sesuai dengan usia Anda. Umumnya, orang dewasa membutuhkan waktu tidur sekitar 7-8 jam, dan remaja membutuhkan waktu tidur sekitar 9-10 jam.

3. Hindari stres

Stres yang tidak terkendali bisa meningkatkan produksi hormon kortisol. Dalam jangka panjang, peningkatan hormon kortisol dapat mengakibatkan penurunan fungsi kekebalan tubuh. Anda perlu mengelola stres dengan baik untuk menghindari penurunan fungsi kekebalan tubuh.

atasi stress agar hidup lebih bahagia

4. Refreshing 

Untuk mengimbangi kesibukan atau aktivitas sehari-hari dibutuhkan refreshing atau penyegaran. Banyak hal bisa dilakukan dalam merefresh jasmani dan rohani seperti hiburan, rekreasi, dan melakukan perawatan tubuh. Selalu berpikir positif terhadap segala sesuatu juga bisa menjadi refreshing tersendiri dengan cara menghindari mengakses informasi yang membuat takut, khawatir atau sedih dan beralih ke informasi yang lucu, menarik, serta menghibur. 

5. Rutin berolahraga

Disarankan untuk rutin berolahraga selama 30 menit setiap hari, untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi. Salah satu olahraga yang murah dan mudah untuk dilakukan adalah berjalan kaki.

6. Hindari rokok dan alkohol

Paparan asap rokok dan alkohol secara berlebih dapat merusak sistem kekebalan tubuh. Perokok memiliki risiko tinggi untuk mengalami infeksi paru, seperti bronkitis dan pneumonia. Sementara untuk perokok yang juga pecandu alkohol, risiko untuk terkena infeksi paru akan semakin besar. Ada baiknya mengganti rokok dengan mengonsumsi vitamin yang dapat menjaga tubuh tetap bugar. Ketika tubuh selalu bugar, maka imunitas tubuh akan terjaga.

madu untuk kesehatan tubuh

7. Menjaga kebersihan diri

Caranya dengan mandi secara teratur 2 kali sehari serta menggosok gigi. Penting juga untuk segera mengganti pakaian apabila merasa banyak mengeluarkan keringat saat beraktivitas. Kerena kesehatan itu berawal dari kebersihan diri.

8. Menjaga kebersihan lingkungan

Dimulai dari rumah atau tempat dimana anda berada, dengan membersihkan rumah atau ruangan pribadi secara teratur. Untuk lingkungan yang lebih luas, anda bisa mengajak tetangga sekitar atau rekan kerja untuk membuat jadwal kerja bakti membersihkan lingkungan tempat tinggal atau tempat kerja.

Imunitas tubuh yang tetap terjaga kekebalan dan kekuatannya akan menyehatkan tubuh, jiwa dan pikiran. Karena kesehatan adalah hal terpenting untuk tetap berlangsungnya rutinitas dan aktivitas yang dijalani setiap hari. Apapun bentuk kesibukannya, akan selalu berjalan dengan baik. Bukankan menjalankan kewajiban untuk menjaga dan merawat semua karunia yang diberikan Tuhan merupakan wujud bersyukur padaNya? 

*) sumber : alodokter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *