bus antar jemput family gathering

Hari raya idul fitri merupakan hari kemenangan bagi masyarakat muslim di seluruh dunia. Salah satu moment yang paling ditunggu-tunggu oleh banyak orang yang bekerja di luar kota pada saat bulan Ramadhan adalah mudik lebaran. Mudik merupakan kegiatan yang menyenangkan jika dilakukan bersama keluarga. Melalui kemacetan pun tidak akan membuat anda merasa bosan, bahkan justru akan menikmatinya.

Namun bagi anda yang sudah memiliki anak, mudik lebaran biasanya cenderung lebih repot dan ribet. Kenapa? karena anda harus membawa banyak barang atau peralatan anak yang harus dibawa. Apalagi jika anak anda masih bayi belum lagi kalau dalam perjalanan rewel dan sebagainya, maka hal ini mudah sekali membuat anda khususnya sebagai orang tua merasa stres. Maka dari itu, supaya perjalanan mudik anda aman dan nyaman bersama anak,  perhatikan 6 tips di bawah ini.

1. Siapkan tas khusus peralatan anak

koper pakaian anakMudik bersama anak memang terkesan lebih repot karena banyaknya peralatan yang harus dibawa. Namun, jangan khawatir anda cukup menyiapkan satu tas saja khusus semua peralatan anak. Kemudian tata dengan rapi termasuk baju dan perlengkapan lainnya sehingga anda tidak susah mencari barang-barang yang diperlukan.

2. Mengatur jadwal tidur

Sebelum mudik lebaran ada baiknya anda mengatur jadwal tidur dengan baik karena dalam perjalanan mudik pastinya tidur anak bersama anak-anak tidak bisa maksimal seperti biasanya. Hal ini, disebabkan oleh suasana jalanan yang penuh, macet, dan banyak sekali kendaraan yang lalu lalang. Belum lagi jika anak ternyata belum terbiasa dengan mudik dan waktu yang cukup panjang. Ada baiknya anda tetap mengatur jadwal tidur anak dengan baik, sehingga anak tidak mudah rewel.

3. Jangan lupa membawa p3k

Biasa kan kemana pun anda pergi selalu membawa peralatan p3k karena anda tidak pernah tahu apa yang akan terjadi karena bahaya bisa saja terjadi dimana dan kapan pun anda berada. Selain itu, ketika anak merasa kurang enak badan karena lamanya perjalanan mudik setidaknya anda sudah menyiapkan semua obat-obatan yang sesuai dengan anak anda.

4. Berhenti saat merasa lelah

Terbayang ya, bagaimana suasana mudik yang begitu melelahkan rasa bosan, mengantuk dan tentunya menguras banyak tenaga. Baiknya, ketika anda sudah merasa sangat lelah, istirahat lah sebentar untuk memulihkan tenaga anda. Apabila anda tetap memaksa karena anda ingin cepat sampai pada tujuan maka bisa mengakibatkan kecelakaan dan ini sangat berbahaya bagi anda dan keluarga.

5. Bawalah benda-benda favorit anak

mainan anakPerlu anda tahu bahwa anak tidak pernah lepas dari benda-benda yang mereka sukai. Ada baiknya jika anda membawa mainan anak atau benda yang anak sukai. Tujuannya untuk mengalihkan anak dari rasa bosan selama perjalanan panjang dan biasanya ketika asyik bermain membuat anak mudah tidur.

6. Bawa makanan ringan

Mudik selalu identik dengan kemacetan panjang dan membosankan, bagaimana jika di tengah jalan anda terjebak macet membuat kendaraan anda tidak bisa bergerak. Dalam hal ini, pastikan anda membawa banyak bekal makanan untuk mencegah anak rewel ketika lapar.

6 tips di atas bisa menjadi referensi anda untuk mudik lebaran  aman dan nyaman bersama anak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *