citra alam seaside

Musim libur sekolah akan segera tiba, horeee

Anda bisa merencanakan liburan bersama keluarga yang menyenangkan. Lokasi berlibur di Indonesia juga beraneka macam pilihan dan banyak tempat-tempat indah bisa dikunjungi. Sungguh menyenangkan, moment liburan membuat anda lebih dekat dengan keluarga. Liburan tapi tetap hemat, siapa sih yang tidak mau? Jadi, bagi anda yang ingin merencanakan liburan keluarga dengan hemat dan menyenangkan, baca tips berikut ini.

1.Lakukan survey lokasi liburan

Baiknya sebelum memilih tempat berlibur lakukan survey lokasi terlebih dahulu supaya anda bisa memastikan nyaman atau tidak untuk tempat liburan anda bersama keluarga. Survey tidak harus datang langsung ke lokasi namun anda bisa melakukan survey melalui web atau brosur. Setelah anda tahu semua informasi tersebut, anda bisa memastikan budget yang harus dikeluarkan. Apalagi kalau tempat tersebut sedang mengadakan diskon bisa membuat anda lebih hemat lagi.

2. Lakukan pemesanan dari jauh hari

Setelah anda melakukan survey dan mendapatkan informasi yang real serta sudah memutuskan lokasi tujuan berlibur. Anda harus segera memesan tiket baik transportasi, penginapan, dan booking tempat lokasi yang dipilih karena pemesanan biasanya dilakukan sebelum hari H.

3. Utamakan kenyaman daripada kemewahan

Ketika berlibur bersama keluarga hal yang perlu perhatikan adalah kenyamanan bukan kemewahan. Hemat bukan berarti murah tapi bagaimana anda bisa berhemat tetapi tetap bisa memilih transportasi yang baik, tempat lokasi liburan yang strategis juga nyaman, dan instruktur berpengalaman untuk memandu kegiatan.

4. Bawa uang tunai

Kemana pun anda pergi biasakan untuk selalu bawa uang tunai karena dengan membawa uang tunai anda akan lebih mudah mengelola atau mengatur keuangan selama liburan. Selain itu, anda bisa melihat langsung berapa uang yang tersisa, sehingga dapat berpikir lebih dalam sebelum mengeluarkan uang. Anda juga tidak dibuat kerepotan karena belum tentu lokasi berlibur anda dekat dengan ATM atau Bank.

5. Catatlah pengeluaran selama liburan

Jadikan kebiasaan anda untuk mencatat semua pengeluaran walaupun sekecil apapun karena hal ini bisa menjadi ukuran dan memudahkan anda untuk mengetahui seberapa besar pengeluaran anda di setiap bulannya. Dengan mengetahui pengeluaran, anda bisa menekan kemungkinan untuk boros yang membuat liburan menjadi mahal.

6. Cermat dalam berbelanja

Ingat ya? Tujuan anda untuk liburan bersama keluarga bukan shopping karena shopping menjadikan pengeluaran anda membengkak sehingga pengeluaran bertambah besar. Memang benar saat pergi ke suatu wisata tentu harus membeli oleh-oleh, cinderamata, dan beberapa barang sangat dianjurkan supaya anda dapat mengenang momen-momen liburan tetapi jangan jadikan belanja sebagai prioritas utama jika tidak ingin menguras kantong anda. Cari saja tempat belanja yang murah tapi bagus.

 6 tips ini bisa anda lakukan dalam mencari tempat wisata dengan hemat dan menyenangkan, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *