Horeee….Liburan akan segera tiba!

Saatnya anda sebagai orangtua memberi kesempatan pada anak-anak untuk mengajak dan menikmati liburannya. Memberikan penyegaran setelah disibukkan dengan rutinitas sehari-hari. Namun, untuk liburan sekolah sebagai orangtua harus punya cara khusus agar liburan kali ini menjadi liburan yang menyenangkan dan paling berkesan.

Sebagai orangtua pastinya ingin memberikan sesuatu yang berharga bagi anaknya, termasuk mengadakan liburan pun orangtua harus mempersiapkan sebaik mungkin baik fisik maupun mental dari anak. Tentunya liburan anak-anak sangat berbeda dengan liburan orang dewasa. Untuk itu, berikut ada 6 tips liburan bersama anak menjadi lebih nyaman.

1. Sesuaikan dengan minat anak

Saat anda ingin mengajak buah hati liburan, hal utama yang perlu anda tahu adalah minat dari seorang anak. Kemana si anak ingin menghabiskan waktu liburan, tanyakan pada anak destinasi atau tempat wisata yang diinginkan oleh anak. Karena minat anak pada kegiatan liburan sekolah bisa berbeda-beda ada yang ingin ke puncak, ke pantai, atau berpetualang ke alam. Sesuaikan liburan sekolah dengan minat anak. Dengan begitu, mereka bisa mendapatkan liburan sekolah yang benar-benar mereka inginkan.

2. Cari informasi tempat liburan sebanyak mungkin

Ketika orangtua sudah mengetahui apa minat dan kemauan dari seorang anak maka sebaiknya orangtua mencari tahu tentang informasi yang sesuai dengan tempat wisata yang ingin dituju. Saat ini banyak sekali tempat-tempat wisata yang menawarkan beraneka ragam kegiatan dan destinasi yang dapat dipilih oleh para pengunjung. Cobalah untuk bertanya dan meminta rekomendasi kepada teman atau keluarga, bisa menjadi cara untuk mengumpulkan informasi. Anda juga bisa membaca dari situs-situs seperti media sosial, web, instagram yang bisa membantu anda dalam menentukan pilihan yang tempat untuk anda kunjungi bersama anak.

3. Susun agenda liburan

Berhubung liburan sekolah tidak selalu sama karena tingkat pendidikan anak ada yang TK, SD, SMP dan SMA memiliki masa liburan yang tidak sama. Maka susun lah rencana liburan bersama anak, sesuai dengan masa liburan sekolah mereka. Anda bisa mengambil dua pilihan menghabiskan waktu libur sekolah untuk pergi berlibur, atau hanya beberapa hari saja dan sisanya menikmati waktu santai di rumah. Terlalu lama liburan ke luar kota juga bisa membuat bosan. Dengan bersantai dan bermain di rumah juga menyenangkan  untuk mereka.

4. Bawalah makanan dan minuman mineral

Demi memberikan kenyamanan pada anak selama di perjalanan bawalah makanan ringan dan minuman mineral sebagai bekal mereka agar tidak bosan. Salah satunya adalah membawa makanan kesukaannya bisa biskuit, nugget atau sosis, serta makanan lain yang mereka sukai. Lebih seru lagi kalau ada makanan kesukaan favorit keluarga. Lamanya perjalanan tidak akan berasa kalau ada yang bisa di nikmati bersama.

5. Jangan lupa bawa obat-obatan

Saat sedang liburan jangan sampai lupa membawa obat-obatan karena sakit bisa datang kapan saja dan dimana saja, ada baiknya jika anda sudah mempersiapkan semuanya. Tentu kita sebagai orangtua tidak mau liburan bersama buah hati menjadi terganggu ketika anak malah sakit  saat di perjalanan. Oleh karena itu, bawalah selalu obat-obatan saat liburan sekolah. Sebagai orangtua setidaknya anda sudah tahu obat apa yang cocok untuk anak. Membawa obat dari rumah itu lebih baik, karena belum tentu obat yang kita butuhkan ada di tempat wisata yang kita datangi.

6 Jangan memforsir kegiatan

citra alam lakesideUsahakan untuk menyusun semua agenda kegiatan terlebih dahulu sebelum melakukan liburan. Susun lah rencana liburan sekolah, sesuai dengan stamina anak. Jangan memaksa melakukan banyak agenda kegiatan dalam waktu satu hari. Nikmati saja indahnya suasana alam karena ini adalah waktunya liburan, biarkan anak mengeksplore alam mungkin dengan bermain air, pasir pantai, panjat memanjat atau hal-hal yang lain. Kita sebagai orangtua hanya mengawasi saja, dengan memberi kesempatan anak untuk melakukan kegiatan yang menyenangkan saat berlibur akan menjadi pengalaman terkesan bagi anak-anak.

Pastikan anak bahagia saat menghabiskan waktu liburannya dan mendapatkan momen terbaik bersama keluarga. Demikian 6 tips liburan bersama anak menjadi lebih nyaman.

Selamat berlibur



Untuk keterangan dan informasi lebih lanjut hubungi kami.


(021) 7310249 (021) 7321394


Atau tinggalkan kontak anda, kami akan menghubungi



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *