Istilah outbound saat ini sudah tidak asing lagi kita dengar. Hampir semua kalangan sudah mengenal istilah tersebut. Kegiatan ini sering dilakukan beberapa kalangan mulai dari anak, remaja, dewasa, bahkan orangtua. Outbound merupakan permainan yang efektif dilakukan di alam bebas bersifat santai namun memacu adrenalin, menantang, seru, dan menyenangkan.

Kegiatan outbound ini memiliki beberapa tujuan diantaranya untuk menumbuhkan kemandirian dan keberanian anak dalam mengikuti berbagai tantangan yang seru, dan menyenangkan seperti flying fox. Berbagai games menarik juga bisa dilakukan misalnya spider web, bulldozer, tangkap ikan, dan masih banyak lagi permainan lainnya. Seperti pada ulasan sebelumnya, berbagai permainan yang terdapat dalam kegiatan outbound tersebut juga dianggap efektif membangun karakter anak. Oleh karena itu, kegiatan outbound menjadi salah satu pilihan untuk mengatasi kejenuhan anak dalam mengikuti pembelajaran yang dilakukan di ruang kelas.

Melatih kemandirian anak dengan outbound mampu menstimulasi anak menjadi generasi yang mandiri, tangguh, pemberani. Sebab, kegiatan outbound bukan hanya sekedar bermain saja. Namun terdapat beberapa manfaat yang didapat anak yaitu untuk melatih kemandirian, keberanian, dan meningkatkan kecerdasan pada anak. 6 Manfaat penting outbound anak sebagai berikut.

  1. Menumbuhkan kepercayaan diri

arung jeram citra alam riversideSeorang anak yang awalnya mempunyai sifat pemalu, penakut, dan kurang percaya diri, ketika mengikuti kegiatan outbound dan berhasil menyelesaikan berbagai permainan yang menantang tentu akan membuat dirinya merasa senang dan bangga. Hal tersebut membuat kepercayaan diri anak semakin baik.

2. Membangun kerjasama

fun games citra alamKegiatan Outbound biasanya dilakukan secara berkelompok. Tentu saja hal ini menjadi tantangan tersendiri, bagaimana peserta harus bekerja sama dan dituntut tetap kompak dan dapat menyelesaikan permainan dengan baik.

  1. Mengembangkan kemampuan sosial

fun games citra alam lakesideDalam permainan outbound akan terjalin interaksi sosial antara anak satu dengan anak  lainnya yang mengikuti kegiatan outbound atau antara anak dan instruktur. Hal ini akan mengembangkan kemampuan sosial anak. Sebab, tanpa skill tersebut kelak ketika anak sudah tumbuh menjadi besar akan susah bergaul dengan temannya.

4. Menghilangkan kejenuhan

fun games citra alam lakesideWahana permainan yang sudah disediakan di area outbound biasanya dibuat seru dan menyenangkan dengan tujuan untuk menghilangkan kejenuhan pada anak dari rutinitas sekolah.

5. Menjadi sarana hiburan

outbound anak citra alam riveersidePembelajaran yang dilakukan di outdoor pastinya memberi suasana yang berbeda. Karena itu membawa anak untuk berkunjung di alam bebas dan mengikuti semua permainan di arena outbound menjadi salah satu sarana hiburan yang cukup efektif bagi anak-anak dan yang lebih penting dalam bermain pun anak bisa sambil belajar.

6. Menumbuhkan rasa cinta pada alam

kegiatan agro wisata citra alam riversideKarena kegiatan ini dilakukan di alam bebas maka akan mendekatkan anak dengan alam. Udara yang dingin, suasana alam yang sejuk dan damai akan menumbuhkan rasa cinta terhadap alam. Outbound memberi kesempatan pada anak secara langsung untuk menikmati keindahan alam.

Kegiatan outbound melibatkan kekuatan fisik dan pergerakan semua otot yang dapat membantu tumbuh kembang anak. Kegiatan outbound di alam terbuka dapat meningkatkan keberanian dalam bertindak maupun berpendapat, membentuk pola pikir yang kreatif, serta meningkatkan kecerdasan emosional dan spiritual dalam berinteraksi. Serta melatih kemandirian anak supaya menjadi anak yang tangguh, mandiri, dan pantang menyerah.

Sudahkah anda melibatkan anak dalam kegiatan outbound?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *